Bisnis Microsoft Untung Berkat Cloud

Kompas.com - 22/07/2017, 07:09 WIB
Microsoft IstMicrosoft
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Microsoft telah mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal IV 2017. Dari laporan tersebut terungkap bahwa keuntungan perusahaan didominasi oleh layanan cloud atau komputasi awan.

Total pendapatan Microsoft di kuartal ini adalah 23,3 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 310,4 triliun. Nilai tersebut merupakan peningkatan sebanyak 13 persen dibandingkan dengan pendapatan di periode yang sama tahun lalu.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Sabtu (22/7/2017), dari total pendapatan itu, Microsoft mengantongi keuntungan bersih senilai 21,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 282,4 triliun.

Dari total pendapatan yang tercatat di kuartal IV, kontribusi terbesar diperoleh dari layanan cloud. Untuk kategori ini, kontribusinya naik 15 persen dibandingkan dengan periode serupa di tahun lalu.

Naiknya kontribusi pendapatan di segmen cloud ini dipicu oleh pertumbuhan layanan Azure yang mencapai 97 persen.

Selain itu, LinkedIn juga mulai menunjukkan kontribusi yang cukup besar terhadap total pendapatan Microsoft. Pada kuartal ini tercatat bahwa jejaring sosial profesional itu meraup pendapatan 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14,6 triliun.

Pendapatan dari segmen game juga mengalami kenaikan tiga persen, seiring dengan larisnya penjualan Xbox. Sementara itu dari segmen Office, pendapatan mengalami kenaikan lima persen dan didominasi oleh layanan berlangganan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, laporan keuangan juga memperlihatkan bahwa pendapatan Microsoft dari Surface mengalami penurunan dua persen. Penyebabnya diduga akibat terlambatnya penjualan Surface Laptop dan Surface Pro yang diumumkan pada Mei 2017 lalu.

Baca: Tutupnya Lambang Kesuksesan Manufaktur AS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.