Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Video Langka NASA Kini Bisa Ditonton di YouTube

Kompas.com - 24/07/2017, 15:28 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Armstrong Flight Research Center di lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA) sedang dalam proses mengunggah ratusan video langka dan bersejarah ke YouTube.

Video-video dimaksud merekam berbagai macam uji coba alat, peluncuran dan pendaratan wahana, hingga aneka eksperiman mulai dari penerbangan pesawat hipersonik hingga modul pendarat di bulan.

Ada juga adegan-adegan dramatis seperti pesawat Boeing 720 yang sengaja dijatuhkan ke tanah dalam uji “Controlled Impact Test”.

Arsip video dikumpulkan dari kegiatan NASA selama beberapa dekade. Beberapa yang tertua berasal dari tahun 1940-an, seperti perakitan pesawat D-558 Skystreak pada 1947.

Baca: Sosok Bocah Ajaib yang Dipercaya NASA Kembangkan Drone

NASA mengunggah video ke YouTube dalam rangka mempermudah akses publik terhadap arsip digitalnya. Dengan begini, aneka kegiatan dan pencapaian lembaga antariksa itu bakal lebih mudah diketahui.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Motherboard, Senin (24/7/2017), sebanyak 300 klip sudah diunggah ke YouTube. Rencananya ada 500 klip video yang akan diunggah.

Sebelumnya, arsip-arsip video NASA hanya tersedia di situs Dryden Flight Research Center, nama sebelumnya dari Amstrong Flight Research Center hingga diganti pada 2014.

Kini ratusan video langka itu bisa disaksikan di kanal YouTube Armstrong Flight Research Center di tautan berikut ini. NASA turut menunggah arsip video yang sama ke situs resminya sebagai alternatif platform.

Berikut beberapa contoh video yang diunggah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com