Trio Android Nokia Masuk Indonesia Lewat Erajaya?

Kompas.com - 24/07/2017, 16:11 WIB
Nokia 5 saat dirilis di ajang MWC di Barcelona, Minggu (26/2/2017). Deliusno/KOMPAS.comNokia 5 saat dirilis di ajang MWC di Barcelona, Minggu (26/2/2017).
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelahiran kembali Nokia di industri smartphone ditandai dengan perilisan tiga lini smartphone Android pada awal 2017 ini. Masing-masing adalah Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6.

Erajaya Group sebagai peritel dan distributor yang telah lama menjalin kemitraan dengan Nokia, nampaknya bakal segera memboyong Android Nokia tersebut ke Indonesia.

"Kami sedang menunggu konfirmasi," ujar Director of Marketing and Communication Erajaya Group, Djatmiko Wardoyo, saat dikonfirmasi KompasTekno, Senin (24/7/2017), di Penang Bistro, Jakarta.

Djatmiko enggan mengumbar kapan tanggal pasti smartphone Android Nokia mulai diedarkan resmi di Indonesia. Ketika ditanya sejauh mana obrolan dengan pihak Nokia, Djatmiko merujuk ke rekam jejak hubungan Erajaya dan Nokia.

Baca: Duo Android Nokia 3 dan Nokia 5 Diresmikan, Harga Rp 2 Jutaan

"Udah ada obrolan. Yang pasti kami kan dulu distributor terbesar Nokia," ia menuturkan.

Sejauh ini, perangkat Nokia yang sudah dipasarkan di Indonesia melalui Erajaya adalah feature phone Nokia 3310. Sebelumnya, HMD Global pernah mengatakan hendak memboyong Nokia 3, 5, dan 6 ke seluruh dunia pada akhir Juni 2017.

Kenyataannya, hingga sekarang ketiga lini itu belum muncul resmi di Indonesia. Aturan TKDN untuk smartphone 4G yang berlaku di Indonesia tentu menjadi tantangan sendiri untuk memasukkan Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6.

Kita tunggu saja lewat jalur apa Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 bakal memenuhi TKDN dan bisa dipasarkan resmi di Tanah Air.

Sebelumnya, sumber dalam industrimenyebut smartphone Android Nokia akan diluncurkan pada pertengahan Agustus mendatang.

Baca: BlackBerry dan Nokia Punya Tantangan Berat di Indonesia



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X