Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trio Android Nokia Masuk Indonesia Lewat Erajaya?

Kompas.com - 24/07/2017, 16:11 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelahiran kembali Nokia di industri smartphone ditandai dengan perilisan tiga lini smartphone Android pada awal 2017 ini. Masing-masing adalah Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6.

Erajaya Group sebagai peritel dan distributor yang telah lama menjalin kemitraan dengan Nokia, nampaknya bakal segera memboyong Android Nokia tersebut ke Indonesia.

"Kami sedang menunggu konfirmasi," ujar Director of Marketing and Communication Erajaya Group, Djatmiko Wardoyo, saat dikonfirmasi KompasTekno, Senin (24/7/2017), di Penang Bistro, Jakarta.

Djatmiko enggan mengumbar kapan tanggal pasti smartphone Android Nokia mulai diedarkan resmi di Indonesia. Ketika ditanya sejauh mana obrolan dengan pihak Nokia, Djatmiko merujuk ke rekam jejak hubungan Erajaya dan Nokia.

Baca: Duo Android Nokia 3 dan Nokia 5 Diresmikan, Harga Rp 2 Jutaan

"Udah ada obrolan. Yang pasti kami kan dulu distributor terbesar Nokia," ia menuturkan.

Sejauh ini, perangkat Nokia yang sudah dipasarkan di Indonesia melalui Erajaya adalah feature phone Nokia 3310. Sebelumnya, HMD Global pernah mengatakan hendak memboyong Nokia 3, 5, dan 6 ke seluruh dunia pada akhir Juni 2017.

Kenyataannya, hingga sekarang ketiga lini itu belum muncul resmi di Indonesia. Aturan TKDN untuk smartphone 4G yang berlaku di Indonesia tentu menjadi tantangan sendiri untuk memasukkan Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6.

Kita tunggu saja lewat jalur apa Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 bakal memenuhi TKDN dan bisa dipasarkan resmi di Tanah Air.

Sebelumnya, sumber dalam industrimenyebut smartphone Android Nokia akan diluncurkan pada pertengahan Agustus mendatang.

Baca: BlackBerry dan Nokia Punya Tantangan Berat di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com