Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

mIRC, Layanan Chatting yang Beken dengan "ASL PLS"

Kompas.com - 24/07/2017, 20:21 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Jauh sebelum WhatsApp, Line, dan BlackBerry Messenger menguasai dunia chatting, ada satu layanan yang begitu digandrungi. Layanan tersebut adalah mIRC.

Layanan atau aplikasi mIRC sangat populer pada tahun '90-an. Buktinya warung internet (warnet) selalu menyediakan layanan tersebut di setiap komputer.

mIRC sangat berbeda dari aplikasi WhatsApp dkk. Aplikasi chatting yang ada sekarang kebanyakan dipakai untuk berkomunikasi langsung dengan orang yang dikenal.

Setidaknya, si pengirim tahu ke mana ia mengirimkan pesan. Jika ada pesan antara orang tidak dikenal pun, biasanya itu karena berkaitan dengan iklan (biasanya sangat mengganggu). Seperti, seseorang menawarkan jasa, peminjaman uang, atau penjualan rumah, dan sebagainya (ya, jika Anda membaca ini, segera hentikan iklan mengganggu itu).

Lantas, apa yang membuat mIRC begitu digandrungi saat itu? Salah satunya karena mIRC menawarkan layanan chatting dengan orang tidak dikenal alias untuk cari teman baru. Bisa dikatakan, mIRC merupakan bentuk awal dari media sosial.

Para pengguna, apabila belum memiliki teman di mIRC, bisa bergabung ke sebuah channel (sekarang lebih populer dengan nama Grup). Channel itu biasanya sudah berisi anggota-anggota tetap, ditambah dengan moderator dan pemilik ruangan.

Tampilan chatting mIRCmIRC Tampilan chatting mIRC

Nama channel pun biasanya berkaitan dengan topik perbincangan. Contohnya, Jakarta. Itu artinya, channel tersebut berisi orang-orang yang berada di Jakarta.

Pengguna bisa memilih channel mana yang menurutnya paling sesuai berdasarkan nama itu. Namun, jika salah memilih pun, pengguna bisa langsung keluar dengan mudah.

Nah, perbincangan dengan orang tidak dikenal atau terkesan random itu yang menjadi nilai asyik dari mIRC. Pengguna bisa berkenalan dengan orang-orang baru dan membicarakan topik sesuai kesukaan.

Menariknya lagi, channel tersebut seringkali berkembang. Kegiatan ngobrol tidak hanya dilakukan di dunia maya saja, tetapi berkembang ke dunia nyata alias gathering atau kopi darat (kopdar).

Apabila sudah mengenal satu sama lain, pengguna mIRC bisa melakukan private message (PM). Asalkan, pengguna mengetahui nickname dari orang yang ingin dikirimkan pesan.

Layanan mIRC juga digunakan juga untuk mencari jodoh. Ya, sebelum aplikasi kencan, sebut saja Tinder, merajalela, mIRC bisa juga jadi "mak comblang".

Dari beberapa cerita, mIRC sukses untuk masalah percintaan yang satu ini. Ketemu di dunia internet, kemudian berlanjut ke dunia pernikahan.

Apa itu mIRC?

Logo mIRCWikipedia Logo mIRC
mIRC merupakan software hasil pengembangan dari internet relay chat (IRC) atau percakapan online melalui sistem operasi Windows. Sebagaimana KompasTekno kutip dari Wikipedia, Senin (24/7/2017), arti huruf m dalam singkatan mIRC masih belum diketahui hingga saat ini.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com