Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Gambar Bergerak GIF di Android

Kompas.com - 25/07/2017, 13:36 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Bila Anda menyukai video pendek dalam format .gif, sekarang ada cara mudah untuk membuatnya menggunakan smartphone Android.

Untuk membuat video pendek dalam format GIF, Anda cukup memasang aplikasi Motion Stills buatan Google Research. Aplikasi tersebut kini tersedia di platform Android. Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store melalui tautan berikut.

Setelah memasangnya, akan tombol mode Motion Stills dan Fast Forward yang bisa dipilih. Bila ingin merekam video singkat yang hanya beberapa detik, Anda bisa memakai opsi Motion Stills.

Bila ingin membuat video yang lebih panjang dan diputar dalam mode gerak cepat, maka geser tombol ke kanan untuk memunculkan mode Fast Foward.

Baca: Begini Cara Download Video dan GIF di Twitter

Hasil rekaman kedua mode tersebut bisa disimpan dalam bentuk format GIF atau sebagai video biasa. Anda juga bisa langsung mengirimkannya ke kontak di WhatsApp, aplikasi lain atau sekadar menyimpannya dalam galeri.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Mashable, Selasa (25/7/2017), aplikasi ini sebelumnya ada di iOS, namun baru kali ini dirilis untuk Android. Hasil rekamannya mirip dengan video singkat yang muncul pada Live Photos milik iOS.

Hal menariknya, Motion Still sanggup otomatis mengedit hasil rekaman itu agar lebih stabil dari guncangan. Ada juga mode Fast Forward yang memiliki fungsi untuk menyusutkan ukuran video dan mempercepat gerakan di dalamnya hingga maksimal 8 kali.

Selain itu, tim Google Research mengatakan bahwa aplikasi versi Android tersebut dirancang dengan pendekatan streaming. Efeknya, pemrosesan setiap frame dilakukan seiring dengan perekaman gambar.

Secara teori, hal ini berarti pengguna bakal bisa membagikan GIF dengan lebih cepat ketimbang memakai aplikasi konversi video lain. Cara demikian juga membuat aplikasi Motion Stills bisa bekerja tanpa memakan banyak memori dan baterai.

Walau terlihat keren, aplikasi Motion Stills untuk Android merupakan versi yang lebih terbatas ketimbang di iOS. Dalam waktu dekat ini, Google berencana untuk mengembangkannya hingga memiliki opsi untuk edit foto.

Untuk pengguna iOS, Motion Stills bisa diunduh di App Store di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com