Microsoft Hapus Aplikasi Legendaris Berusia 31 Tahun dari Windows

Kompas.com - 25/07/2017, 16:58 WIB
Microsoft Paint The VergeMicrosoft Paint
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Piranti lunak Paint, yang selalu disematkan dalam setiap sistem operasi Windows, kini telah resmi mati. Microsoft telah memutuskan untuk menghapus software berusia 31 tahun tersebut dalam pembaruan Windows 10 Fall Creators Update.

Microsoft mengategorikan Paint sebagai depreciated feature atau fitur yang sudah tidak lagi sesuai dengan zaman. Artinya, pada pembaruan Windows 10 yang akan dirilis tahun ini tak akan ada pengembangan untuk Paint.

Aplikasi Paint sudah ada sejak era Windows 1.0 yang dirilis pada November 1985 silam. Sejak perilisan perdana itu, Microsoft terus memperbaruinya  dan cara pengguna memakainya pun terus berkembang.

Fiturnya memang sangat terbatas, bahkan tidak bisa dibandingkan dengan aplikasi edit atau pembuat ilustrasi yang ada di masa sekarang. Namun Paint merupakan aplikasi yang penting karena digunakan oleh banyak orang sebagai alat pembuat gambar pertamanya di komputer.

Microsoft sendiri kini telah memiliki Paint 3D. Sudah merupakan langkah yang wajar jika akhirnya perusahaan berhenti mengembangkan Paint orisinil dan beralih fokus pada penerusnya itu.

Untuk sementara waktu, Microsoft belum mengumumkan dengan jelas kapan Paint akan benar-benar dihapus dan tidak bisa dipakai, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (25/7/2017). Satu hal yang bisa dipastikan, setelah mendapatkan kategori depreciated itu, maka hidup Paint sudah berakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.