Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Hapus Aplikasi Legendaris Berusia 31 Tahun dari Windows

Kompas.com - 25/07/2017, 16:58 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Piranti lunak Paint, yang selalu disematkan dalam setiap sistem operasi Windows, kini telah resmi mati. Microsoft telah memutuskan untuk menghapus software berusia 31 tahun tersebut dalam pembaruan Windows 10 Fall Creators Update.

Microsoft mengategorikan Paint sebagai depreciated feature atau fitur yang sudah tidak lagi sesuai dengan zaman. Artinya, pada pembaruan Windows 10 yang akan dirilis tahun ini tak akan ada pengembangan untuk Paint.

Aplikasi Paint sudah ada sejak era Windows 1.0 yang dirilis pada November 1985 silam. Sejak perilisan perdana itu, Microsoft terus memperbaruinya  dan cara pengguna memakainya pun terus berkembang.

Fiturnya memang sangat terbatas, bahkan tidak bisa dibandingkan dengan aplikasi edit atau pembuat ilustrasi yang ada di masa sekarang. Namun Paint merupakan aplikasi yang penting karena digunakan oleh banyak orang sebagai alat pembuat gambar pertamanya di komputer.

Microsoft sendiri kini telah memiliki Paint 3D. Sudah merupakan langkah yang wajar jika akhirnya perusahaan berhenti mengembangkan Paint orisinil dan beralih fokus pada penerusnya itu.

Untuk sementara waktu, Microsoft belum mengumumkan dengan jelas kapan Paint akan benar-benar dihapus dan tidak bisa dipakai, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (25/7/2017). Satu hal yang bisa dipastikan, setelah mendapatkan kategori depreciated itu, maka hidup Paint sudah berakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com