Kompas.com - 27/07/2017, 13:14 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Tak sekadar membagi momen-momen keseharian, Instagram juga dimanfaatkan para pebisnis untuk promosi produk dan jasa. Selain itu, para seniman atau content creator kerap pula menggunakan Instagram sebagai galeri virtual.

Dari situ, karya-karya mereka dikenal lebih banyak orang dan tak jarang membuahkan tawaran kerja. Misalnya saja Romo Jack yang dikenal melalui akun Instagram @ponypork yang mulai populer sejak 2015 lalu.

Hasil karya Romo Jack memiliki ciri khas sendiri, yakni foto tematik sesuai hobi atau aktivitas tertentu, dan disertai dengan obyek tangannya yang ber-tattoo. Pengambilan foto acap kali dari sisi atas, memperlihatkan keseluruhan properti foto secara aerial.

Berkat keunikan dan konsistensinya itu, Romo Jack sering diajak bekerja sama membuat proyek visual. Kliennya berasal dari berbagai belahan dunia, seperti London, Rusia, Islandia, dan Amerika Serikat.

“Rata-rata proyek yang datang dari Instagram bisa menghasilkan Rp 50 juta per bulan,” kata dia ketika ditemui KompasTekno pada Rabu (26/7/2017), usai acara #DiscoverYourStory di Ciputra Artpreneur, Jakarta.


Romo Jack pun merasa karyanya lebih diapresiasi. Ia menganggap Instagram seperti platform portofolio online dan menjadi titik pertemuan berbagai kesempatan dan peluang.

Untuk satu konten serius yang dihasilkan di Instagram, Romo Jack butuh waktu rata-rata lima hari. Ia harus memikirkan idenya, mengumpulkan properti, menjepret, dan mengedit.

“Paling lama kumpulin propertinya sih. Kadang ada barang-barang yang sulit didapat, harus beli online dan tunggu berhari-hari,” ia menjelaskan.


Konsistensi jadi kunci

Selain Romo Jack, ilustrator Mikhaela Cherry (@mikhaelacherry) juga merasakan manfaat Instagram yang tak cuma untuk mengekspresikan diri, tapi juga berkarya dan menghasilkan duit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.