Waze dan Google Bersatu di Dashboard Mobil

Kompas.com - 27/07/2017, 15:09 WIB
Waze di Android Auto EngadgetWaze di Android Auto
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Google akhirnya memasukkan aplikasi peta Waze ke dalam sistem operasi Android Auto. Dengan demikian, pengguna bisa memakainya langsung dari head unit mobil yang menggunakan sistem operasi tersebut.

Selama ini, pengguna Android Auto hanya bisa memakai Google Maps untuk mencari arah perjalanan. Sedangkan Waze, hanya bisa dipakai menggunakan smartphone secara terpisah.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Kamis (27/7/2017), perilisan Waze di Android Auto mengubah kondisi tersebut.

Sekarang, pengguna peta crowdsourcing ini bisa dengan mudah mengaksesnya informasi perjalanan melalui display di mobil. Syaratnya, tentu saja display yang digunakan harus mendukung sistem operasi Android Auto.

Baca: Bisa Ganti Ikon Mobil di Waze dengan Pesawat, Begini Caranya

Google merancang Waze versi Android Auto ini berbeda dengan versi mobile. Tampilanya di Android Auto lebih sederhana dan ada fitur yang dihilangkan.

Hal paling menarik adalah hilangnya iklan di aplikasi Waze. Biasanya, ketika pengguna sedang berhenti, maka Waze akan menampilkan iklan. Tapi di Android Auto, sudah tidak ada lagi iklan seperti itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Unsur-unsur penting Waze seperti opsi untuk berbagi informasi mengenai lalu lintas, kehadiran polisi, kecelakaan, bahaya di jalan serta masalah pemetaan, tentu saja dipertahankan.

Waze juga memiliki fitur keselamatan berkendara, sehingga pengguna hanya bisa mengetik atau mencari alamat dan lokasi ketika mobil dalam posisi berhenti.

Perubahan lainnya, sejumlah aspek sosial di Waze, misalnya carpooling, membunyikan klakson pada pengguna lain, harga bensin dan kolom obrolan telah dihilangkan. Versi Android Auto ini juga tidak menampilkan speedometer atau perintah suara untuk menambahkan peringatan di jalur yang dilalui.

Waze untuk display mobil ini hanya dirilis di sistem operasi Android Auto saja. Google belum mengungkap rencana untuk merilisnya di sistem operasi CarPlay milik Apple, atau yang lainnya.

Baca: Apple Akhirnya Akui Bikin Mobil Tanpa Sopir



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.