Inspirasi Star Wars di Balik Earphone Ikonik Apple

Kompas.com - 27/07/2017, 16:11 WIB
Apple Earpods. AppleApple Earpods.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Barisan tentara Imperial Stormtrooper ternyata tak hanya memukau para fans Star Wars di seluruh dunia, tapi juga desainer Apple, Jonathan Ive.

Si perancang aneka gadget Apple itu sibuk membayangkan seragam Stormtrooper yang berlapis zirah putih dari ujung kepala hingga kaki ketika mendesain earphone Apple.

Maka jadilah earphone Apple berlapis plastik putih mengilap. Bentuknya ikonik dan mudah dikenali sebagai salah satu ciri khas yang senantiasa mendampingi gadget Apple.

Ciri khas cangkang plastik putih tetap dipertahankan hingga generasi earphone terkini, yakni EarPods dan AirPods yang sudah tidak memakai kabel.

Baca: iPhone 7 Tak Punya Colokan Earphone dan Tombol Home, Ini Alasannya

Hal tersebut diungkapkan oleh Ive dalam sebuah wawancara dengn The Wall Street Journal, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Kamis (27/7/2017).

Saling menginspirasi

Sebaliknya pula, Star Wars pun mengambil inspirasi dari Ive.
Sutradara film Star Wars: The Force Awakens, J.J. Abrams, empat tahun lalu sempat bertemu dengan Ive.

Dalam pertemuan itu, Ive yang menggemari Star Wars menyarankan supaya pedang lightsaber dibuat lebih kasar dan mengeluarkan percikan-percikan api.

Saran Ive itu diwujudkan oleh Abrams dalam bentuk pedang lightsaber tokoh antagonis Kylo Ren. Pedang cahaya Kylo Ren dalam The Force Awakens berbentuk kasar dan tidak bisa ditebak seperti karakter si empunya.

Ive juga turut memimpin proyek perancangan desain kantor baru Apple yang bernama Apple Park. Kompleks gedung berbentuk bundar mirip piring terbang itu menelan biaya sebesar 5 miliar dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X