Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekencang Apa Transfer Data dengan USB 3.2?

Kompas.com - 27/07/2017, 18:42 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - USB 3.0 Promoter Group, sebuah konsorsium gabungan Apple, HP, Intel, Microsoft dan perusahaan lain, baru saja mengumumkan spesifikasi teknologi baru USB 3.2. Teknologi ini bakal meningkatkan kecepatan transfer data hingga dua kali lipat.

USB 3.2 dibuat dengan peningkatan kecil yang membuat beberapa lajur di dalamnya bisa dipakai bersamaan (multi-lane operation), baik pada sisi host maupun device. Dengan cara demikian, kecepatan transfer data bisa meningkat mengikuti jumlah lajur yang aktif.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari ArsTechnica, Kamis (27/7/2017), kecepatan transfer data, salah satunya bergantung pada protokol yang disematkan pada kabel dan port USB.

Rata-rata port dan kabel memiliki empat pasang kawat yang berfungsi sebagai lajur pemindahan data. Protokol ThunderBolt3, memakai empat pasang kawat itu secara bergantian, sedangkan USB 3.1 hanya memakai dua pasang saja untuk mengirim dan menerima data.

Baca: Mengenal Jenis-jenis Konektor Baru Pengganti USB

Namun dengan teknologi USB 3.2, keempat pasang kawat tersebut bisa dipakai secara bersamaan, sehingga meningkatkan kinerja perpindahan data. Kecepatan yang dijanjikan bisa naik hingga dua kali lipat.

Artinya, jika teknologi USB 3.2 ini disematkan kelas USB 3.1 generasi 1 (5 Gbps), maka kecepatan pemindahan data bisa mencapai 10 Gbps. Jika kabelnya diganti memakai kelas USB 3.1 generasi 2 (10 Gbps), maka kecepatan transfernya hingga 20 Gbps.

Meski meningkatkan kecepatan pemindahan data, USB 3.2 hanyalah sebuah perubahan kecil. Cara pemberian kode dan transmisi data tidak akan berubah.

Saat ini, spesifikasi utuh untuk USB 3.2 masih dalam proses penyelesaian. Konsorsium baru akan mengumumkannya pada September 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com