Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Traveloka Dapat Pendanaan Rp 4,6 Triliun dari Perusahaan AS

Kompas.com - 28/07/2017, 10:40 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Startup travel asal Indonesia, Traveloka, mendapatkan pendanaan dari perusahaan travel asal Amerika Serikat (AS) Expedia. Nilainya tidak tanggung-tanggung, yakni mencapai 350 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,6 triliun.  

Sumber yang dekat dengan industri membeberkan, Traveloka kini telah mengantongi dana lebih dari 400 juta dollar AS atau sekitar Rp 5,3 triliun. Nilai itu sudah termasuk dengan dana yang dikucurkan Expedia, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Information, Jumat (28/7/2017).

Dengan total pendanaan tersebut, Traveloka kini telah mencapai nilai valuasi lebih dari 2 miliar dollar AS atau setara Rp 26,6 triliun.

Pendanaan sebesar Rp 4,6 triliun dilakukan Expedia untuk mendapatkan pijakan dan perluasan pasar hingga Asia Tenggara.

“Traveloka adalah pemimpin pasar bisnis travel online di Indonesia dan sedang agresif memperluas jangkauannya ke seluruh Asia Tenggara. Kerja sama antara pengetahuan lokal dan keahlian kami, akan menguntungkan dan mempercepat pertumbuhan kedua belah pihak,” ujar President and CEO Expedia, Dara Khosrowshahi, dalam pernyataan resminya.

“Kami senang dapat memperluas jangkauan kami di Asia, belajar dari tim berbakat yang ada di Traveloka, dan jadi mampu menawarkan lebih banyak pilihan perjalanan pada pengguna Traveloka atau Expedia,” ucapnya.

Expedia dan Traveloka memang memiliki fungsi yang mirip bagi pengguna. Kedua situs tersebut punya pilihan untuk memesan penerbangan, hotel, dan paket perjalanan.

Saat ini Traveloka sudah menjangkau enam negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Sejumlah perusahaan teknologi saat ini memang sedang bertarung untuk bisa masuk ke pasar Asia Tenggara. Beberapa waktu lalu, Amazon mengumumkan rencana menghadirkan produk Prime Now di Singapura. Kemudian Uber dan Alibaba juga telah hadir serta bersaing dengan berbagai pemain lokal di wilayah ini.

Baca: Traveloka Beri Tiket Gratis ke Raja Ampat Jika Pria Ini Kumpulkan 100.000 Retweet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com