Apple Bayar Uang Damai Rp 26,6 Triliun ke Nokia

Kompas.com - 29/07/2017, 09:58 WIB
iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Special Edition berwarna merah dari Apple. AppleiPhone 7 dan iPhone 7 Plus Special Edition berwarna merah dari Apple.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple ternyata harus mengeluarkan uang sangat besar, yakni 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 26,6 triliun, untuk mengakhiri konflik dengan Nokia. Keduanya memang sempat "bertarung" karena masalah hak paten.

Besarnya uang damai tersebut seperti mengindikasikan, Apple tidak mau berlama-lama berseteru dengan Nokia.

Perseteruan antara Apple dan Nokia sebenarnya sudah selesai sejak Mei 2017 lalu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Sabtu (29/7/2017). Saat itu, penyelesaian diumumkan tanpa detail pembayaran atau kesepakatan lisensi baru.

Baru sekarang terungkap bahwa Apple ternyata rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar demi memutus perseteruan paten dengan Nokia. Total uang yang dibayarkan oleh Apple tercatat dalam pernyataan resmi mengenai laporan keuangan kuartal II Nokia.

“Kami mendapatkan pembayaran tunai yang sangat signifikan dari Apple, nilainya mencapai 1,7 miliar euro (sekitar Rp 26,6 triliun), sehingga memperkuat keuangan kami,” demikian tertulis dalam pernyataan resmi Nokia.

Sementara itu kedua perusahaan masih belum mengungkap syarat-syarat kesepakatan paten baru mereka, baik soal pembayaran atau durasi pemberian lisensi tersebut.

Perseteruan paten antara Apple dan Nokia sempat menjadi sorotan dan dikategorikan sebagai gugatan terbesar yang terjadi dalam satu dekade. Awal mulanya adalah tudingan Nokia, yang dilontarkan pada tahun lalu, mengenai pelanggaran lusinan hak paten.

Baca: Apple dan Nokia Akhirnya Berdamai



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X