5 Hal yang Jarang Diketahui Tentang Bos Amazon

Kompas.com - 29/07/2017, 18:05 WIB
Pendiri Amazon.com, Jeff Bezos Richard Brian/ReutersPendiri Amazon.com, Jeff Bezos
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pendiri Amazon, Jeff Bezos, mengambil alih posisi Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia selama beberapa jam.

Lonjakan saham Amazon membuat kekayaan Bezos mencapai 91,4 miliar dollar AS (Rp1.218,7 triliun). Jumlah itu mengalahkan pendiri Microsoft yang selama ini menjadi mendominasi daftar orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Tapi saat saham Amazon turun, Bill Gates kembali berada di posisi teratas.

Jeff Bezos, 53, memiliki sekitar 17 persen saham Amazon, namun namanya juga terdaftar sebagai pemilik pada beberapa bisnis lain.

Berikut adalah lima hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang Jeff Bezos, sebagaimana KompasTekno kutip dari BBC, Sabtu (29/7/2017).

1. Pengeluarannya meroket

Awal tahun ini Jeff Bezos merogoh kocek 23 juta dollar AS atau Rp 306 miliar untuk sebuah museum tekstil tua di Washington DC. Setelah dirombak menjadi rumah keluarga, keluarga Jeff Bezos akan tinggal di dekat lingkungan eksklusif tempat keluarga Obama tinggal. Di lingkungan yang sama terdapat rumah Ivanka Trump dan suaminya, Jared Kushner.

Paling tidak itulah yang dilaporkan oleh Washington Post, sumber yang bisa diandalkan mengingat Jeff Bezos membeli koran itu pada 2013 sebesar 250 juta dollar AS atau Rp 3,3 triliun.

Keluarga Jeff Bezos juga memiliki rumah di Seattle dan Beverly Hills. Namun pengeluaran untuk harta benda menjadi tidak penting dibandingkan dengan hasrat terbesar Jeff Bezos, yaitu ilmu roket.

Jeff Bezos mengatakan bahwa dia menjual sekitar 1 miliar dollar AS (Rp 13,3 triliun) dari saham Amazon setiap tahun untuk mendanai Blue Origin, proyek yang telah didirikannya untuk mengembangkan perjalanan komersial.

2. Dermawan untuk urusan pisang

Adalah gagasan Jeff Bezos untuk mulai memberikan pisang kepada orang-orang yang lewat di kota basis Amazon, Seattle. Ini adalah gerakan yang murah hati, terutama karena sekitar 4.500 orang dilaporkan menerima tawaran pisang gratis setiap hari. Tapi jika dikaitkan dengan kedermawanan, ini masih jauh dibanding miliuner-miliuner lainnya.

Walau dia dan keluarganya telah memberikan jutaan untuk amal, Jeff Bezos dikritik karena tidak melakukan hal yang lebih. Dia tidak menceburkan diri untuk kepentingan nirlaba sebesar pendiri Microsoft, Bill Gates, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dan lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X