Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salip Intel, Samsung Jadi Produsen Chip Terbesar Dunia

Kompas.com - 31/07/2017, 18:06 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung menggeser takhta Intel dari produsen chip semikonduktor terbesar di dunia. Hal itu terlihat dari laporan keuangan perusahaan asal perusahaan Korea Selatan, di mana Samsung mencatat untung besar dari bisnis tersebut.

Samsung selama ini begitu konsisten mengembangkan teknologi chip semikonduktor sendiri, seperti DRAM dan memori penyimpanan flash. Mereka juga memproduksi chipset buatan sendiri, di antaranya adalah lini produk Exynos.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Sam Mobile, Senin (31/7/2017), strategi tersebut ditambah kecepatan Samsung merespons kondisi industri, telah mengantarnya menjadi raja di bisnis semikonduktor. Di sisi lain, Intel justru gagal menciptakan chipset mobile yang sukses, hingga gagal memanfaatkan momentum pertumbuhan pasar smartphone, tablet, dan wearable.

Dalam laporan keuangan kuatal kedua 2017, Samsung menyebutkan bahawa bisnis semikonduktornya meraup pendapatan 15,68 miliar dollar AS atau sekitar Rp 208,8 triliun, serta mendapat keuntungan operasional sebesar 7,16 miliar dollar AS atau sekitar Rp 95,3 triliun.

Nilai tersebut mengindikasikan kenaikan besar dibandingkan keuntungan operasional perusahaan di kuartal kedua 2016 yang mencapai 2,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 31,9 triliun.

MarketWatch mencatat bahwa pendapatan Intel dari bisnis semikonduktor mencapai 14,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 197,1 triliun, serta pendapatan operasional sebesar 3,8 miliar dollar AS atau setara Rp 50,6 triliun.

Intel telah menjadi raja di dalam bisnis semikonduktor selama 24 tahun belakangan. Selama itu mereka memproduksi CPU untuk laptop, PC, dan server. Baru kali ini catatan pendapatan Intel dari bisnis chip berhasil dilampaui oleh perusahaan lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com