Kompas.com - 31/07/2017, 18:06 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung menggeser takhta Intel dari produsen chip semikonduktor terbesar di dunia. Hal itu terlihat dari laporan keuangan perusahaan asal perusahaan Korea Selatan, di mana Samsung mencatat untung besar dari bisnis tersebut.

Samsung selama ini begitu konsisten mengembangkan teknologi chip semikonduktor sendiri, seperti DRAM dan memori penyimpanan flash. Mereka juga memproduksi chipset buatan sendiri, di antaranya adalah lini produk Exynos.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Sam Mobile, Senin (31/7/2017), strategi tersebut ditambah kecepatan Samsung merespons kondisi industri, telah mengantarnya menjadi raja di bisnis semikonduktor. Di sisi lain, Intel justru gagal menciptakan chipset mobile yang sukses, hingga gagal memanfaatkan momentum pertumbuhan pasar smartphone, tablet, dan wearable.

Dalam laporan keuangan kuatal kedua 2017, Samsung menyebutkan bahawa bisnis semikonduktornya meraup pendapatan 15,68 miliar dollar AS atau sekitar Rp 208,8 triliun, serta mendapat keuntungan operasional sebesar 7,16 miliar dollar AS atau sekitar Rp 95,3 triliun.

Nilai tersebut mengindikasikan kenaikan besar dibandingkan keuntungan operasional perusahaan di kuartal kedua 2016 yang mencapai 2,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 31,9 triliun.

MarketWatch mencatat bahwa pendapatan Intel dari bisnis semikonduktor mencapai 14,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 197,1 triliun, serta pendapatan operasional sebesar 3,8 miliar dollar AS atau setara Rp 50,6 triliun.

Intel telah menjadi raja di dalam bisnis semikonduktor selama 24 tahun belakangan. Selama itu mereka memproduksi CPU untuk laptop, PC, dan server. Baru kali ini catatan pendapatan Intel dari bisnis chip berhasil dilampaui oleh perusahaan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SamMobile


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.