Dirut Telkomsel Tanggapi Wacana Tarif Bawah Internet

Kompas.com - 01/08/2017, 16:04 WIB
Presiden Direktur Telkomsel, Ririek Adriansyah menjelaskan tentang peretasan situs Telkomsel, Jumat (28/4/2017). Reska K. Nistanto/KOMPAS.comPresiden Direktur Telkomsel, Ririek Adriansyah menjelaskan tentang peretasan situs Telkomsel, Jumat (28/4/2017).
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, menanggapi wacana penerapan batas tarif bawah (floor price) layanan internet. Wacana ini muncul setelah CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, mengirim surat ke Menkominfo, Rudiantara.

Menurut Ririek, tarif batas bawah internet seluler di Indonesia bisa berdampak baik sekaligus buruk.

Dikatakan Ririek, jika berkaca dari negara-negara lain, strategi tarif batas bawah tidak efektif dan bisa dimanfaatkan celah-celahnya.

"Ada operator yang melanggar dengan memberi harga di bawah floor price, alasannya karena sedang promosi, tapi promosinya bukan sebentar tapi lama," kata Ririek saat berbincang dengan sejumlah media di kantor Telkomsel, Senin (31/7/2017).

Namun di sisi lain, Ririek juga menyebut penting bagi industri untuk menjaga kelangsungan bisnisnya. Operator seluler perlu sustain sehingga kebutuhan masyarakat tetap terlayani.

Oleh karena itu, Ririek berpendapat wacana penerapan tarif batas bawah internet seluler ini perlu dicari format yang pas.

Untuk mencari format yang pas ini, maka dibutuhkan peran bukan hanya dari Menkominfo saja, melainkan juga dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Idealnya para pelaku (operator seluler di Indonesia) bisa menyadari, sebab tingkat kebutuhan operator beda-beda," kata Ririek.

Kebijakan batas bawah tarif internet ini juga menurut Ririek tidak baik bagi pemerintah. Pemerintah tentunya tidak ingin kebijakan itu justru menjadi bumerang. Kebijakan tarif batas bawah bisa membuat pemerintah dianggap tidak pro rakyat.

Pengamatan KompasTekno, Telkomsel sendiri tidak mau jika tarif batas bawah yang ditetapkan terlalu rendah. Telkomsel juga perlu menjaga bisnisnya agar tidak terlalu turun akibat penerapan tarif batas bawah ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.