Kompas.com - 02/08/2017, 09:58 WIB
Undangan LG V30 @evleaksUndangan LG V30
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - LG V30 kemungkinan akan memiliki kamera dengan aperture atau bukaan diafragma lebih besar ketimbang kamera yang saat ini digunakan oleh Samsung Galaxy S8.

Bocoran yang beredar mengatakan bahwa bukaan pada kamera utama LG V30 adalah f/1.6. Sedangkan pada kamaera utama Samsung Galaxy S8 bukaan maksimal adalah f/1.7.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Rabu (2/8/2017), bukaan tersebut memang hanya selisih sedikit, namun tetap mengindikasikan kecanggihan LG V30.

Pasalnya, ukuran lensa kamera di smartphone tidak sebesar lensa kamera DSLR dan sejenisnya. Karena itu pembuatan lensa kamera smartphone dengan diafragma besar memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi.

Bila benar kamera LG V30 menggunakan aperture f/1.6, hal ini berarti kamera tersebut bisa menerima lebih banyak cahaya. Efeknya, kamera bisa lebih diandalkan untuk memotret dalam situasi low light.

Di sisi lain, aperture lensa juga berperan dalam membuat efek bokeh pada hasil pemotretan. Walau mungkin tak akan sebagus hasil pemotretan menggunakan lensa dan kamera DSLR atau sejenisnya, tetap ada kamera LG V30 menghasilkan bokeh yang cukup baik.

LG V30 sendiri memiliki dua kamera utama. Hanya satu lensa kamera utama saja yang bakal dibekali dengan aperture f/1.6, sedangkan lensa utama lainnya menggunakan sudut pandang lebar atau wide angle.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain hal tersebut, belum ada desas-desus yang mengungkap spesifikasi lain kamera LG V30. Hanya ada dugaan bahwa LG bakal menyematkan sensor kamera serupa dengan seri G6, yakni berukuran 1,3 inci dengan ketajaman 13 megapiksel.

Informasi lain yang diketahui soal LG V30 adalah layar yang menggunakan rasio 18:9, panel OLED serta kemungkinan hilangnya layar kedua. Meski demikian, semua itu masih berupa bocoran yang belum tentu seluruhnya terwujud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.