Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Bukti iPhone 8 Nyaris Tanpa Bingkai Layar

Kompas.com - 04/08/2017, 06:48 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - iPhone 8 dikabarkan akan hadir dengan desain bezel-less atau layar yang nyaris memenuhi bagian muka. Meski begitu, tidak ada bukti konkrit untuk membenarkan dugaan tersebut, setidaknya hingga saat ini.

Bukti bakal digunakannya desain bezel-less itu ditemukan oleh dua orang developer. Keduanya mengubek-ubek firmware pre-release dari speaker pintar HomePod.

Entah disengaja atau tidak, Apple memang telah merilis firmware HomePod. Padahal, speaker tersebut baru dirilis pada Desember mendatang.

HomePod sendiri kemungkinan besar akan mendukung iOS 11. Nah, dalam deretan kode yang ada di firmware, diketahui perangkat-perangkat Apple lain yang akan mendukung OS mobile terbaru Apple tersebut.

Dalam daftar dukungan tersebut, ada dua nama kode yang asing terdengar, yakni D22 dan PearlID. Dua developer tersebut, Steve Troughton-Smith dan Guilherme Rambo, kemudian menduga bahwa D22 adalah nama kode dari iPhone 8. Sementara itu, PearlID merupakan nama kode dari teknologi baru pengenal wajah.

Icon D22Arstechnica Icon D22
Lantas, bagaimana kedua developer itu bisa tahu, D22 adalah iPhone 8? Sebagaimana KompasTekno rangkum dari ArsTechnica, Jumat (4/8/2017), Guilherme Rambo menemukan sebuah icon ponsel baru dari firmware baru tersebut. Icon tersebut memperlihatkan smartphone dengan desain bezel-less.

Berdasarkan rumor yang berkembang selama ini, Guilherme Rambo meyakini bahwa icon D22 melambangkan iPhone 8. Selain itu juga, menurutnya, icon tersebut memperlihatkan desain akhir dai iPhone 8.

Selain iPhone 8, Apple kabarnya juga akan meluncurkan dua model iPhone lain pada 2017, yakni iPhone 7S dan iPhone 7S Plus yang lebih konvensional dengan layar LCD. Meski begitu, rumor seputar dua smartphone itu belum begitu banyak beredar.

iPhone 8 diprediksi akan diumumkan dalam sebuah acara September mendatang, namun ketersediaan iPhone 8 mungkin bakal tertunda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com