Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2017, 06:15 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple menginginkan iPhone dan Watch bisa berfungsi lebih canggih, tak sekadar sebagai gadget dan dompet. Raksasa teknologi itu pun menyiapkan sebuah rencana ambisius untuk mengubah kedua perangkat genggam itu menjadi e-paspor.

Rencana tersebut terungkap dari proposal paten yang diajukan oleh Apple. Di dalamnya dicantumkan alasan bahwa sekarang pemerintah telah memakai banyak bentuk indentifikasi yang bisa menyimpan informasi dan dipakai untuk menyatakan keaslian penggunanya.

Apple mencontohkan konsep itu dengan chip electronic yang saat ini disematkan dalam e-Paspor. Chip tersebut berisinama, tanggal lahir, serta berbagai data pemiliknya.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Apple World, Minggu (6/8/2017), chip e-paspor itu ingin ditiru oleh Apple dan diwujudkan menjadi bentuk yang bisa dimasukkan ke dalam iPhone atau Watch.

Sehingga, bila benar telah terwujud, pengguna iPhone dan Watch cukup berjalan melalui pemindai. Lalu seluruh data yang ada di dalam iPhone dan Watch akan otomatis dibandingkan dengan data yang disimpan imigrasi setempat.

Hal tersebut, menurut paten Apple, bisa diwujudkan dengan memakai perangkat berteknologi radio jarak pendek dan elemen pengaman. Kemudian sebuah komputer digunakan untuk membaca data paspor di dalam perangkat genggam dan menyesuaikannya dengan data milik imigrasi.

Paten Apple ini sekarang sudah mendapatkan persetujuan dari U.S. Patent & Trademark Office dan bisa saja benar-benar diwujudkan. Namun satu hal yang perlu diingat, paten hanyalah sebuah konsep. Meski Apple bisa mewujudkannya, belum tentu mereka benar-benar akan merilisnya dalam waktu dekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.