Kompas.com - 07/08/2017, 09:19 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - LG V30 bakal dirilis resmi pada akhir bulan ini di Berlin, Jerman. Beberapa bocoran mengenai flagship tersebut sudah bisa ditilik di internet, mulai dari ketersediaan pada September 2017 hingga fitur-fitur yang diboyong.

Salah satu bocoran yang mengejutkan adalah LG bakal "membunuh" fitur andalan yang selama ini hadir di seri V. Nantinya, LG V30 tidak akan dibekali dengan Second Screen. Setidaknya begitu menurut sumber dalam LG.

Second Screen sendiri merupakan fitur yang diandalkan pada pendahulu LG V30, yakni LG V10 dan LG V20. Fitur itu memungkinkan adanya tampilan kecil di atas tampilan reguler untuk mempercepat akses ke notifikasi dan shortcut.

Lantas, apa pengganti Second Screen? Masih menurut sumber dalam, LG digadang-gadang hendak mematrikan fitur baru bertajuk “floating bar”. Tak dijelaskan seperti apa detail fungsi dan tampilan dari floating bar itu.

Beberapa pihak berasumsi floating bar itu pada prinsipnya berfungsi serupa dengan Second Screen, hanya saja tampilannya berbeda. Belum ada yang bisa memastikan prediksi tersebut.

Fokus ke video

Jika ditilik ke rekam jejaknya, LG seri V memang selalu fokus ke multimedia dan perekaman video. Pada LG V10, sang pabrikan Korea Selatan mematrikan kamera ganda dengan mode video manual beserta audio Hi-Fi DAC 32 bit.

Lantas di LG V20 diperkenalkan audio Hi-Fi DAC Quad 32 bit, Hi-Fi untuk perekaman video, serta mode wide-angle pada kamera depan dan utama. Kini, LG dikabarkan kembali memperkenalkan fitur memukau yang fokus ke video pada LG V30.

LG V30 disebut bakal menjadi smartphone pertama yang menawarkan kamera dengan bukaan f/1.6, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (7/8/2017), dari AndroidAuthority.

LG juga bakal melengkapi fitur itu dengan efek video sinematik dan kontrol yang serupa dengan DSLR. Tak cukup sampai di situ, audio V30 juga dikatakan bakal diberikan filter Hi-Fi Digital dan Hi-Fi Streaming.

Beberapa bocoran lain soal LG V30 mencakup layar OLED berkualitas QHD 6 inci dengan tampilan FullVision, fitur anti-air IP68, bodi aluminium seri 6000 dengan lapisan Gorilla Glass 5, dan pipa anti-panas.

Benar atau tidaknya segala bocoran dan isu yang beredar bisa segera diketahui pada 31 Agustus mendatang. Kita tunggu saja.

Baca: Ini Bocoran Tanggal LG V30 Mulai Dijual

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.