Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bikin Akun Resmi di Instagram, Pamer Hasil Foto iPhone

Kompas.com - 09/08/2017, 10:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Apple baru saja membuat akun di jejaring sosial Instagram dengan handel @apple. Namun berbeda dengan akun korporat lainnya, Apple tidak memajang foto produk-produk, seperti iPhone atau MacBook, di Instagram.

Alih-alih, Apple memamerkan foto-foto hasil jepretan iPhone. Strategi ini seperti kepanjangan dari billboard "Shot on iPhone" yang dipakai Apple. Apple menggunakan billboard atau media iklan luar ruangan untuk memajang hasil foto iPhone, disertai tulisan "Shot on iPhone" sebagai kampanye produknya.

Nah, di akun Instagram ini, strateginya juga sama. Apple tidak memajang foto iPhone, namun mempromosikan kamera milik iPhone sebagai sarana yang pas untuk menghasilkan foto-foto Instagram yang bagus.

Berdasar pada postingan pertama akun Instagram, Apple tampaknya menggunakan kurator untuk mencari foto yang dipotret dengan iPhone.

Kurator kemudian akan menanyakan ke pembuat foto apakah mereka bisa mem-posting fotonya tersebut di akun perusahaan. Apple tidak membuat foto sendiri dengan iPhone.

Jika dicermati lagi, ada tiga strategi yang dipakai Apple dalam kampanye di Instagram. Pertama Apple memanfaatkan fitur galeri di Instagram dengan menampilkan lima foto sekaligus dalam satu postingan.

Kedua, Apple juga memanfaatkan video untuk menampilkan beberapa foto sekaligus, menambah efek suara, serta mewawancara kreator fotonya. Apple juga membagikan Instagram Stories dengan format serupa.

Ketiga, Apple menggunakan tanda pagar (tagar) #ShotoniPhone di semua postingannya, seolah mengajak pengguna iPhone menggunakan tagar tersebut saat mengunggah foto di Instagram.

Baca: Apple Bayar Uang Damai Rp 26,6 Triliun ke Nokia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Instagram
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com