Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bikin Layanan Video Pesaing YouTube

Kompas.com - 10/08/2017, 11:08 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Facebook resmi merilis platform video bernama Watch yang bakal tersedia dalam bentuk aplikasi mobile, televisi, desktop, dan laptop dalam waktu dekat ini. Layanan video tersebut dibuat untuk menyaingi platform video milik YouTube.

"Pengguna Facebook suka melihat video di News Feed Facebook, mereka juga ingin ada tempat khusus untuk menonton video," demikian dikutip KompasTekno dari blog resmi Facebook, Kamis (10/8/2017).

Itu sebabnya Facebook pada tahun lalu mulai bereksperimen dengan merilis fitur tab video untuk pengguna di AS. Kini, tab tersebut dibuat untuk mempermudah pengguna dalam memilih video dan pertunjukan yang disukainya.

Platfom Facebook Watch baru ini bakal bersaing dengan YouTube, pasalnya Facebook Watch juga ditujukan bagi kreator konten video. Selain itu, Facebook Watch juga menyasar perusahaan dan publisher yang ingin menarget audiens mereka dan membangun komunitas aktif.

Selain bakal bersaing dengan YouTube, Facebook Watch juga bisa menjadi pesaing Netflix. Facebook juga bakal membuat beragam jenis tayangan, seperti reality show, komedi, dan siaran langsung olahraga. Beberapa acara yang bakal ditayangkan di Watch juga bakal ada yang didanai langsung oleh Facebook.

Jenis tayangan dalam Facebook Watch berfokus pada empat hal, yakni tayangan langsung yang menghubungkan brand dengan fans, tayangan yang menarik fans dan komunitas, tayangan yang memiliki tema konsisten, dan tayangan langsung yang bisa mengumpulkan komunitas.

Platform Watch akan diuji coba Facebook untuk kalangan terbatas. Untuk saat ini, baru pengguna di Amerika Serikat saja yang bakal bisa menjajal fitur uji coba ini. Namun, ke depannya Facebook berjanji membawa platform video Watch ke pengguna global.

Baca: Video Buatan Pria Indonesia Ini Pukau Sutradara Star Wars

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com