"Bapak Android" Pastikan Kapan Smartphone Essential Mulai Dijual

Kompas.com - 10/08/2017, 17:51 WIB
Essential Phone rancangan Andy Rubin The VergeEssential Phone rancangan Andy Rubin
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Mei lalu, "Bapak Android" Andy Rubin yang kini menjabat sebagai CEO Essential, sebuah pabrikan smartphone baru, sempat mengumumkan bahwa ponsel Essential Phone besutannya akan mulai dijual pada Juni 2017. Jadwal itu ternyata meleset dan menjadi tidak jelas.

Belakangan, Essential menyatakan bakal segera memberi kepastian jadwal peluncuran Essential Phone ke pasar dalam jangka waktu seminggu ke depan.

Presiden Essential, Niccolo De Masi menerangkan bahwa Essential Phone mulanya akan tersedia lewat dua retailer besar di Amerika Serikat, yakni Best Buy dan Amazon. Selain itu, Essential Phone juga akan tersedia lewat kemitraan dengan operator seluler Sprint dan Telus di Kanada.

"Kalau kami bisa menjual beberapa juta unit (di tahun pertama), itu termasuk sangat sukses untuk ukuran sebuah startup," ujar De Masi penuh harap, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (10/8/2017).

Seolah ingin meyakinkan calon pembeli yang menanti-nanti kemunculan Essential Phone. Andy Rubin mengunggah Tweet berisi foto proses produksi ponsel dimaksud.  "Kami sedang melakukan produksi massal untuk mengirimkan Essential Phone Anda," kicau dia.


Kalau benar jadwal rilis Essential Phone akan dipastikan seminggu ke depan, ponsel anyar tersebut bakal berhadapan dengan beberapa pesaing berat yang juga akan muncul dalam waktu berdekatan, seperti Galaxy Note 8 dan iPhone 8.

Andy Rubin adalah sosok di belakang sistem operasi Android di Google yang kemudian memilih keluar perusahaan dan membangun Essential. Perusahaan rintisan tersebut pekan ini dikabarkan memperoleh pendanaan sebesar 330 juta dollar AS dari Amazon dan Tencent.

Essential Phone sendiri merupakan ponsel Android berkamera ganda yang memiliki bodi titanium. Spesifikasinya tergolong kelas atas, mencakup prosesor Snapdragon 835, RAM 4 GB, serta wireless charging.

Baca: Android Essential Bakal Dijual di Luar AS, Indonesia Kebagian?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.