Kompas.com - 11/08/2017, 11:33 WIB
Laptop MacBook Pro dari Apple AppleLaptop MacBook Pro dari Apple
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pengguna perangkat Apple seperti iPhone, iPad, komputer Mac, atau MacBook di Indonesia tiba-tiba banyak yang mengeluhkan "terjebak Lost Mode" pada Kamis (10/8/2017) malam.

Lost Mode sendiri adalah fitur resmi Apple bagi pengguna yang merasa perangkatnya hilang. Dalam mode ini, perangkat akan dikunci alias tidak bisa dipakai sama sekali.

Kegunaan fitur ini menjamin data yang ada dalam gadget Apple tak diakses oleh orang tak bertanggung jawab. Mode Hilang ini bisa dinyalakan melalui aplikasi Find My iPhone (bisa diunduh via App Store) atau juga melalui icloud.com.

Pantauan KompasTekno, pada Jumat (11/8/2017) pagi, sudah banyak yang mengeluh di jejaring sosial, soal perangkat Apple-nya yang terkunci dalam Lost Mode.


Bagaimana agar tidak ikut terjebak dalam penyanderaan berkedok Lost Mode ini? Untuk mengetahuinya, kita perlu tahu bagaimana cara peretas (hacker) bisa mengunci perangkat Apple dengan fitur ini.

Seperti dikutip KompasTekno dari situs MakeMac, Jumat (11/8/2017), siapa saja yang memiliki akses Apple ID dan password, bisa mengunci perangkat iOS atau masuk ke Lost Mode. Informasi ini sesuai dengan yang tercantum di laman Apple Discussion di tautan berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari keterangan di laman tersebut, siapa saja yang memiliki data Apple ID dan password kamu, bisa login di iCloud.com dan berhenti di halaman untuk memasukkan 6 digit kode 2FA (2 factors authentication), sebelum masuk ke detail akun.

Namun tidak sekadar berhenti, di bagian bawah tampilan tersebut ada tombol Find My iPhone yang dapat diakses dan mencari semua perangkat iOS atau komputer Mac yang mengaktifkan fitur Find My iPhone pada akun tersebut.

Halaman two-factor authentication Apple yang di bagian bawah terdapat menu Find My iPhone/MacMakeMac Halaman two-factor authentication Apple yang di bagian bawah terdapat menu Find My iPhone/Mac

Dari bagian ini tidak ada kesulitan sama sekali untuk masuk ke pengaturan salah satu perangkat iOS dan mengaktifkan Lost Mode.

Matikan fitur Find My Mac

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.