Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Hip Hop

Kompas.com - 11/08/2017, 12:22 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber History

KOMPAS.com - Situs pencari Google pada Jumat (11/8/2017) siang dihiasi doodle dengan grafiti warna-warni bertuliskan Google. Doodle tersebut sengaja dipamerkan di laman pencarian Google untuk merayakan ulang tahun ke-44 kelahiran Hip Hop.

Jika diklik, doodle tersebut akan menampilkan animasi yang menceritakan sejarah Hip Hop. Setelah usai, video animasi tersebut akan berganti dengan permainan mini, di mana pengguna Google bisa merasakan sendiri cara mixing lagu Hip Hop.

Ada sejarah singkat hip hop setelah doodle diklikGoogle Ada sejarah singkat hip hop setelah doodle diklik

Permainan itu sendiri disertai dengan tutorial singkat. Jadi, semua orang dijamin bisa memainkan permainan itu dengan mudah.

Permainan hip hopGoogle Permainan hip hop

Hip hop sendiri lahir pada 11 Agustus 1973. Musik itu lahir dari sebuah pesta di daerah Bronx, New York City. Tempat pastinya adalah 1520 Sedgwick Avenue.

Hip hop lahir dari tangan Clive Campbell atau lebih dikenal dengan nama DJ Kool Herc. Ia sendiri disebut-sebut sebagai founding fater of hip hop, sebagaimana KompasTekno rangkum dari History.com, Jumat (11/8/2017).

"Dengan menggunakan dua turntable, DJ memperpanjang break instrumen sehingga semua orang di pesta bisa menari lebih lama," tulis Google di video animasi tersebut.

Gaya tarian yang ada di pesta itu disebut breakdance atau juga dikenal dengan tari kejang di Indonesia. Oleh karena itulah, gerakan tari kejang disebut salah satu unsur dari musik Hip Hop.

Unsur lain dari Hip Hop adalah MC. Sebagian orang menyebutkan sebagai rap. MC inilah yang menambahkan ritme ke musik dengan "nyanyiannya".

Pesta pada tanggal 11 Agustus 1973 sendiri dinobatkan sebagai hari kelahiran Hip hop. Pasalnya, pesta tersebut berlangsung begitu meriah berkat musik baru yang diperdengarkan oleh DJ Kool Herc.

Istilah hip hop sendiri belum begitu terkenal pada saat itu. Baru enam tahun setelahnya, kata hip hop mulai banyak dibicarakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com