Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menyimpan Apple ID dan Password Secara Aman

Kompas.com - 11/08/2017, 14:08 WIB

KOMPAS.com - Belajar dari banyaknya pengguna perangkat Apple, seperti iPhone dan MacBook yang tersandera oleh fitur Lost Mode, ada baiknya kita menjaga akun Apple ID beserta password-nya dengan aman.

Untuk mengamankan Apple ID dan password, ada beberapa tips yang dapat pengguna Apple lakukan. Berikut adalah tips-tips mengamankan Apple ID beserta password-nya, seperti yang dirangkum KompasTekno dari situs MakeMac, jumat (11/8/2017).

Pertama, jangan pernah menggunakan password yang sama untuk akun email serta Apple ID, atau mungkin layanan digital lainnya. Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun digital yang dimiliki, untuk mencegah peretasan secara masif.

Jangan pernah meminjamkan Apple ID untuk perangkat iOS milik orang lain. Apple sudah membuat fitur Family Sharing untuk akses Apple ID dalam format keluarga. Menyewa atau menggunakan jasa “pinjam” Apple ID juga sama sekali tidak disarankan.

Baca: Agar MacBook dan iPhone Tidak Terkunci Lost Mode

Login hanya dengan Apple ID di komputer dipercaya, hindari untuk masuk ke Apple ID di komputer umum, seperti perpustakaan atau mungkin meminjam komputer teman kecuali dalam kondisi darurat. Pastikan juga untuk menghapus cache browser setelah selesai menggunakannya untuk login Apple ID atau gunakan Private Browsing.

Hindari akses website dan forum penyedia konten ilegal (film bajakan, musik bajakan) yang rentan dengan malware, apalagi website atau forum tersebut menggunakan fitur login dengan alamat e-mail, dan hal berbau privasi lainnya yang bisa saja mengundang bahaya untuk akun Apple ID.

Simpan semua data penting seputar Apple ID di aplikasi password manager seperti 1Password atau LastPass. Pastikan juga untuk menyimpan Security Question dengan aman dan mudah diakses saat dibutuhkan.

Jika terjadi masalah dengan akun yang dimiliki, segera kontak Apple Support lewat laman Apple Online Support atau akun Twitter @AppleSupport.

======

*Artikel ini sebelumnya telah dimuat di MakeMac.com. MakeMac.com merupakan salah satu rekanan sindikasi konten dari KompasTekno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com