Kompas.com - 12/08/2017, 09:55 WIB
Huawei P10 dan P10 Plus HuaweiHuawei P10 dan P10 Plus
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Pasaran smartphone global didominasi oleh Samsung dan Apple selaku dua pabrikan terbesar, sementara Huawei duduk di peringkat ketiga. Data tersebut tercantum dalam laporan kuartal II 2017 dari firma riset pasar IDC.

Ke depan, urutan tersebut diprediksi bakal berubah seiring dengan meningkatnya penjualan ponsel pintar Huawei, terutama dari seri P,  M, dan model-model seri Honor yang relatif lebih terjangkau.

Di China saja, pengapalan smartphone Huawei tumbuh 22,6 persen secara year-on-year pada kuartal II 2017. Di luar China, pengapalan smartphone Huawei juga naik signifikan dibanding tahun sebelumnya, seperti di Asia Tenggara, Jepang, Korea (45 persen year-on-year), dan Eropa (18 persen).

Sebaliknya, pengapalan smartphone Apple (iPhone) cenderung menurun. Pengapalan smartphone Huawei dan Apple pada kuartal II 2017 hanya berselisih 2,5 juta unit. iPhone terkirim sebanyak 41 juta unit, sementara smartphone Huawei di angka 38,5 juta unit.

Kalau tren ini berlanjut, posisi Apple sebagai pabrikan smartphone kedua terbesar di dunia diprediksi akan disalip oleh Huawei pada kuartal III 2017.

Prediksi sumber industri yang dirangkum KompasTekno dari Digitimes, Sabtu (12/8/2017), menyebutkan bahwa Huawei akan meningkatkan pengapalan produk ponsel pintarnya hingga 41 juta unit pada kuartal III 2017.

Sementara, konsumen calon pembeli iPhone akan menahan diri karena menunggu kemunculan iPhone generasi berikutnya di tiga bulan terakhir 2017, sehingga pengapalan smartphone Apple bakal menurun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agaknya tinggal tunggu waktu saja sebelum Apple didepak dari posisi kedua. Tapi urutan tersebut bisa berbalik lagi apabila iPhone generasi berikutnya sukses di pasaran.

Baca: Huawei, Oppo, dan Xiaomi Pepet Samsung

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Digitimes
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.