Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Apple Bakal Disalip Vendor China?

Kompas.com - 12/08/2017, 09:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Digitimes

KOMPAS.com - Pasaran smartphone global didominasi oleh Samsung dan Apple selaku dua pabrikan terbesar, sementara Huawei duduk di peringkat ketiga. Data tersebut tercantum dalam laporan kuartal II 2017 dari firma riset pasar IDC.

Ke depan, urutan tersebut diprediksi bakal berubah seiring dengan meningkatnya penjualan ponsel pintar Huawei, terutama dari seri P,  M, dan model-model seri Honor yang relatif lebih terjangkau.

Di China saja, pengapalan smartphone Huawei tumbuh 22,6 persen secara year-on-year pada kuartal II 2017. Di luar China, pengapalan smartphone Huawei juga naik signifikan dibanding tahun sebelumnya, seperti di Asia Tenggara, Jepang, Korea (45 persen year-on-year), dan Eropa (18 persen).

Sebaliknya, pengapalan smartphone Apple (iPhone) cenderung menurun. Pengapalan smartphone Huawei dan Apple pada kuartal II 2017 hanya berselisih 2,5 juta unit. iPhone terkirim sebanyak 41 juta unit, sementara smartphone Huawei di angka 38,5 juta unit.

Kalau tren ini berlanjut, posisi Apple sebagai pabrikan smartphone kedua terbesar di dunia diprediksi akan disalip oleh Huawei pada kuartal III 2017.

Prediksi sumber industri yang dirangkum KompasTekno dari Digitimes, Sabtu (12/8/2017), menyebutkan bahwa Huawei akan meningkatkan pengapalan produk ponsel pintarnya hingga 41 juta unit pada kuartal III 2017.

Sementara, konsumen calon pembeli iPhone akan menahan diri karena menunggu kemunculan iPhone generasi berikutnya di tiga bulan terakhir 2017, sehingga pengapalan smartphone Apple bakal menurun.

Agaknya tinggal tunggu waktu saja sebelum Apple didepak dari posisi kedua. Tapi urutan tersebut bisa berbalik lagi apabila iPhone generasi berikutnya sukses di pasaran.

Baca: Huawei, Oppo, dan Xiaomi Pepet Samsung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com