Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uber Tambah Fitur "Chatting" dengan Pengemudi

Kompas.com - 12/08/2017, 15:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - “Halo pak, sudah di mana? Saya di lokasi, pakai topi biru dan jaket cokelat,” obrolan dengan driver itu lumrah ditemukan di kalangan pengguna layanan transportasi online.  

Penumpang memang kerap kali harus berkoordinasi dengan pengemudi perihal penjemputan, entah lewat telepon atau SMS.

Untuk mempermudah hal tersebut, Uber selaku salah satu penyedia jasa transportasi online kini menyediakan fitur baru bernama In-app chat yang sudah bisa dimanfaatkan oleh pengguna di Indonesia.

Seperti namanya, dengan In-App chat, pengguna Uber bisa langsung ngobrol dengan driver dari dalam aplikasi Uber, tanpa harus membuka SMS, telepon, atau aplikasi lain.

Pengguna pun bisa lebih mudah berkomunikasi dengan driver, termasuk ketika menggunakan jasa Uber di luar negeri tanpa butuh membeli kartu SIM lokal.

“Fitur ini memungkinkan mitra pengemudi dan penumpang untuk bertukar pesan singkat di dalam aplikasi Uber secara real-time, gratis,” tulis Uber dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (12/8/2017).

Layaknya aplikasi chatting lain, baik penumpang maupun pengemudi Uber bisa melihat status pesan mereka, apakah sudah terkirim dan dibaca.

Dengan fitur tersebut, pengguna dan pengemudi pun tak perlu saling berbagi nomor telepon untuk bisa berkomunikasi sehingga meningkatkan rasa aman dan privasi.

Fitur In-App chat bisa diakses lewat halaman depan aplikasi Uber setelah diperbarui ke versi terbaru di App Store (iOS) atau Google Play Store (Android). Klik pilihan “Contact”, setelah itu akan muncul layar untuk mengirim dan menerima pesan singkat dalam aplikasi secara cuma-cuma.

Langkah Uber ini mengikuti penyedia transportasi online lain, Grab, yang telah lebih dulu menanamkan fitur serupa bernama GrabChat sejak Oktober tahun lalu.

Baca: GrabChat Diperkenalkan, Kontak Pengemudi Bisa lewat Chatting

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com