Aplikasi Kamera Andalan Google Pixel Bisa Jalan di Smartphone Lain

Kompas.com - 14/08/2017, 18:18 WIB
Smartphone Google Pixel GoogleSmartphone Google Pixel
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Seri smartphone Pixel besutan Google memiliki kamera yang mampu menjepret gambar-gambar indah berkat fitur eksklusif seperti HDR+.

Bisakah fitur kamera tersebut dipindahkan dan berjalan di smartphone Android lain? Ternyata bisa, sebagaimana ditemukan oleh seorang developer Ukraina bernama alias B-S-G.

Dia membuat versi port dari aplikasi Google Camera versi 4.4 milik Google Pixel. Software ini diambil dari Android O versi developer review yang dirilis Juni lalu dan bisa berjalan di smartphone selain Pixel.

Syaratnya, smartphone yang bersangkutan mesti memiliki ISP Hexagon atau yang lebih baru. Pengolah gambar ini tertanam di beberapa chip high-end terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 820, 821, dan 835.

Baca: CEO Google Janji Datang ke Indonesia ketika Pixel Dirilis

Seorang penulis di XDA Developer telah menguji dan memastikan software yang bersangkutan bisa berjalan di sejumlah ponsel, termasuk LG G6, OnePlus 3, OnePlus 3T, dan OnePlus 5.

Seperti dirangkum oleh KompasTekno, Senin (14/8/2017), dia menuturkan bahwa fitur HDR+ di aplikasi Google Camera 4.4 versi porting benar-benar berfungsi di ponsel-ponsel dimaksud.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contoh jepretan kamera OnePlus 3 dengan aplikasi Google Camera 4.4 hasil porting. Deretan atas menunjukkan hasil foto tanpa fitur HDR Plus. Deretan bawah adalah hasil dengan fitur HDR Plus diaktifkan.Adam Conway/ XDA Developers Contoh jepretan kamera OnePlus 3 dengan aplikasi Google Camera 4.4 hasil porting. Deretan atas menunjukkan hasil foto tanpa fitur HDR Plus. Deretan bawah adalah hasil dengan fitur HDR Plus diaktifkan.

Sebagai contohnya diambil beberapa jepretan dari kamera OnePlus 3 dalam keadaan HDR+ aktif dan non-aktif. Dengan HDR+, area terang (highlight) dan gelap (shadow) di gambar tampak memiliki exposure lebih seimbang.

Aplikasi Google Camera 4.4 hasil porting itu telah diperiksa untuk mendeteksi kemungkinan adanya malware yang menyusup dan telah dipastikan aman.

Untuk informasi selengkapnya dan mengunduh aplikasi itu, silakan kunjungi XDA Developer di tautan berikut.

Perlu ditambahkan bahwa Google Camera 4.4 dioptimalkan untuk hardware Googel Pixel dan karena itu mungkin tidak berfungsi penuh di smartphone lain.

Baca: Beredar Bocoran Foto Asli Google Pixel 2

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.