Kompas.com - 15/08/2017, 08:16 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Bagi Google, iPhone dan iPad adalah perangkat penting. Gadget iOS bikinan Apple diperkirakan menyumbang sekitar 50 persen pemasukan Google dari ranah mobile search.

Raksasa internet itu pun kabarnya rela membayar sejumlah besar uang, yakni 3 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 40 triliun, agar search engine besutannya bisa menjadi pilihan default di iPad dan iPhone.

Informasi tersebut diungkapkan oleh firma investasi Bernstein yang mencatat bahwa jumlahnya naik tiga kali lipat dibandingkan 2014, saat Google membayar Apple 1 miliar dollar AS.

“Karena hampir semuanya berupa profit, Google bisa menyumbang 5 persen dari total laba operasi Apple tahun ini,” sebut analis Bernstein, A.M. Sacconaghi Jr., sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Selasa (15/8/2017).

Meski “sogokan” Google ini sangat menggiurkan buat Apple, Bernstein turut menebak-nebak kapan kiranya Google akan berhenti membayar Apple karena jumlah bayaran yang diminta akan meningkat setiap tahun.

Google telah menjadi search engine default untuk iPhone sejak hari pertama. Beberapa aplikasi Google seperti YouTube dan Maps kemudian dihapus dari iOS semenjak update iOS 6. Apple Maps kini menjadi pilihan default untuk iPhone dan iPad.  

Browser Safari di iOS hingga kini masih menggunakan Google sebagai search engine default, tapi pengguna bisa menggantinya lewat menu Safari di dalam Settings.

Baca: Posisi Apple Bakal Disalip Vendor China?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.