Video YouTube Tampilkan Jumlah Penonton Real Time?

Kompas.com - 15/08/2017, 14:03 WIB
Logo YouTube Logo YouTube
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Counter atau penghitung jumlah penonton video di YouTube selama ini hanya ditampilkan secara keseluruhan, atau jumlah penonton sejak pertama kali video itu diunggah.

Tak lama lagi, pengguna aplikasi YouTube di Android kemungkinan bakal bisa mengetahui, berapa orang yang sedang menonton suatu video pada saat bersamaan. Fitur ini mirip dengan tampilan informasi jumlah penonton di Facebook Live.

YouTube kabarnya sedang menguji fitur bernama “watching now” yang memungkinkan hal tersebut. Sebuah counter baru diletakkan di antara judul video dan tombol “Like”.

Sesuai namanya, “watching now” menunjukkan berapa jumlah orang yang sedang menonton video secara real time.

Baca: Facebook Bikin Layanan Video Pesaing YouTube

Counter “watching now” relatif tidak mengganggu tampilan, karena ditulis menggunakan font berukuran kecil, tapi tetap mudah dilihat saat dikehendaki.

Untuk kreator, fitur ini bisa berguna untuk mengira-ngira, apakah sebuah video bakal mengumpulkan jumlah view yang banyak dan menjadi populer atau tidak.

Counter watching now untuk menunjukkan berapa orang yang menonton suatu video dalam satu waktu di di YouTubeAndroid Police Counter watching now untuk menunjukkan berapa orang yang menonton suatu video dalam satu waktu di di YouTube
Demikian juga bagi pemirsa. Paling tidak, counter “watching now” bisa menginformasikan berapa banyak orang di internet sedang menyaksikan video yang sama.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Police, Selasa (15/8/2017), saat ini  fitur tersebut masih dalam uji coba. Baru segelintir pengguna YouTube di Android yang bisa melihat counter “watching now”.

Belum diketahui kapan fitur tersebut akan mulai diterapkan di YouTube secara resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.