Komentar di Instagram Jadi Mirip Facebook, Teratur dan Mudah Diikuti

Kompas.com - 16/08/2017, 08:11 WIB
Logo Instagram InstagramLogo Instagram
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Posting di Instagram bisa dikomentari oleh para pengguna lain. tapi selama ini, reply atau balasan atas sebuah komentar sulit dimonitor, karena komentar baru selalu ditempatkan di urutan terbawah. Sementara, komentar tanggapan bisa saja berada jauh di atas.

Belakangan, Instagram menambah fitur baru berupa format “threaded message” untuk mempermudah balas-membalas dalam kolom komentar itu.

“Sekarang, kalau Anda menekan tombol ‘reply’ di kolom komentar, tanggapan Anda akan disatukan dalam satu grup di bawah komentar yang bersangkutan dalam sebuah thread,” tulis Instagram dalam pengumuman di situs resminya.

Dengan begini, sistem komentar di Instagram jadi menyerupai Facebook, di mana balasan-balasan (reply) terhadap sebuah komentar ditempatkan di bawah komentar yang ditanggapi dalam satu kesatuan (thread) sehingga lebih teratur, alih-alih “terkubur” di aliran komentar lain.

Sistem komentar threaded message baru di Instagram.Instagram Sistem komentar threaded message baru di Instagram.

Pengguna pun bisa lebih mudah memonitor jalannya percakapan tanpa harus melakukan scrolling untuk mencari komentar balasan dari pengguna lain.

Baca: 5 Pengguna Instagram dengan Follower Terbanyak di Indonesia

Apabila sebuah komentar mendapat reply dari pengguna lain, sebuah notifikasi akan dikirim ke perangkat si penulis komentar seperti sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Headlines, Rabu (16/8//2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sistem komentar baru ini mulai digulirkan lewat update aplikasi Instagram versi 24 di Apple App Store (iOS) dan Google Play Store (Android) dalam beberapa minggu ke depan.

Untuk sementara waktu, cara reply dengan melakukan mention nama pengguna lain masih berlaku. Belum jelas apakah nantinya sistem lama ini akan dihapus atau tetap dipertahankan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.