Pesawat N219 Resmi Terbang Perdana

Kompas.com - 16/08/2017, 09:33 WIB
Uji terbang pertama pesawat N219 di bandara Husein Sastranegara Bandung, Rabu (16/8/2017). Fauzi Rulandi Aviantara/PK-BDOUji terbang pertama pesawat N219 di bandara Husein Sastranegara Bandung, Rabu (16/8/2017).
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (16/8/2017), sekitar pukul 09.10 WIB, pesawat N219 hasil kerja sama LAPAN dan PTDI resmi melakukan uji terbang perdana. Penerbangan perdana N219 dilakukan di bandara Husein Sastranegara, Bandung.

N219 dengan nomor registrasi PK-XDT terbang dengan mulus, dan akan melakukan seragkaian uji coba terbang, seperti kontrol kemudi dan navigasi.

Sumber KompasTekno mengatakan N219 akan terbang selama 30 menit di langit Bandung, sebelum kembali mendarat di bandara Husein Sastranegara.

Sebelumnya, LAPAN dan PTDI telah melakukan serangkaian uji coba di darat sebelum melakukan uji terbang pertama kali. Pengujian termasuk run up mesin, short taxiing, long taxiing, high speed taxiing, dan hopping test.

Penerbangan perdana N219 sempat tertunda beberapa kali. Namun akhirnya, sehari sebelum peringatan 72 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, LAPAN dan PTDI sukses melakukan terbang perdana.

N219 adalah pesawat komersil turboprop (baling-baling) bermesin ganda dengan kapasitas 20 penumpang yang diklaim oleh Direktur Utama PTDI, Budi Santoso, dirancang dan dirakit oleh putra-putri bangsa di PTDI.

Baca: Menengok Teknologi Tiga Dimensi di Kokpit N219

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X