Sinyal 4G XL Rambah 38 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur

Kompas.com - 16/08/2017, 13:12 WIB
Teknisi sedang melakukan perawatan BTS XL di YogyakartaXL Axiata Teknisi sedang melakukan perawatan BTS XL di Yogyakarta

KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata memperluas layanan 4G LTE di wilayah Indonesia. Kini, layanan tersebut bisa dirasakan langsung di 38 kabupaten atau kota Jawa Timur.

Warga masyarakat XL di area Madiun, yang terdiri dari 13 kabupaten atau kota juga bisa memanfaatkan layanan 4G LTE tersebut. Peresmian hadirnya jaringan 4G LTE di Jawa Timur digelar di Sun City, Madiun, pada 12 Agustus lalu.

“Kami memang sangat agresif untuk terus memperluas cakupan wilayah layanan 4G LTE," kata Mochamad Imam Mualim, Caretaker VP East Region XL Axiata.

"Hingga akhir Juni 2017, jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone juga terus meningkat dan menjadi sekitar 67 persen dari total pelanggan. Sementara itu, pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai sekitar 40 persen dari total pelanggan," ucapnya lagi.

Mochamad Imam Mualim menambahkan, untuk Area Madiun dan sekitarnya, XL sudah menyediakan 268 BTS 4G untuk melayani sekitar 620 ribu pelanggan 4G LTE atau 49,5 persen dari total pelanggan XL di wilayah Jawa Timur.

Sampai akhir 2017, sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers, Rabu (16/8/2017), layanan 4G LTE di area Madiun ditargetkan akan dilayani lebih dari 560 BTS 4G. Sementara itu, pelanggan yang sudah memakai smartphone di area ini mencapai sekitar 29 persen, dengan tingkat pertumbuhan pelanggan data 157 persen dalam setahun terakhir.

Area ini mencakup 13 Kota atau Kabupaten yaitu Kota dan Kab. Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi, Kota dan Kab. Blitar, Kota dan Kab. Kediri, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung, dan Pacitan.

Sementara itu untuk seluruh Jawa Timur, XL sudah menyediakan hampir 1.900 BTS 4G LTE, dan sampai akhir tahun 2017 ditargetkan akan bertambah menjadi sekitar 2.200 BTS 4G LTE.

Selama setahun terakhir, di provinsi ini tercatat adanya pertumbuhan akses ke layanan data digital hingga sekitar 62 persen. Peningkatan terjadi secara merata di semua kabupaten atau kota di Jawa Timur.

Dari total pelanggan XL Axiata di Jawa Timur sekitar 6,3 juta, kurang lebih 68 persen di antaranya aktif memanfaatkan layanan data. Seiring dengan hal itu, jumlah pelanggan XL di provinsi ini yang menggunakan smartphone 4G LTE juga terus meningkat. Tercatat hingga akhir Maret 2017 tidak kurang dari 1,9 juta pelanggan telah menggunakan smartphone 4G di Jawa Timur.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


PenulisDeliusno
EditorReska K. Nistanto
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X