Geser Apple, Xiaomi Jadi Nomor Satu

Kompas.com - 16/08/2017, 16:33 WIB
Mi Band XiaomiMi Band
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Apple pernah menguasai pasaran wearable device (smartwatch) dunia pada 2016 lalu dengan pangsa pasar mencapai kisaran 50 persen. Akan tetapi, hal tersebut kini telah berubah.

Posisi Apple sudah disalip oleh Xiaomi yang membukukan pengapalan produk wearable device sebesar 3,7 juta unit pada kuartal-II 2017, menurut firma riset pasar Strategy Analytics.

Xiaomi pun memegang predikat sebagai pabrikan wearable device terbesar di dunia dengan market share (17,1 persen)

Di bawah Xiaomi bercokol Fitbit dengan pengapalan 3,4 juta unit (market share 15,7 persen). Sementara, Apple ada di urutan ketiga dengan shipment di kisaran 2,8 juta unit (market share 13 persen).

Rangkuman data pengapalan global perangakt wearable device di kuartal-II 2017, menurut firma riset Strategy Analytics. Gizmochina Rangkuman data pengapalan global perangakt wearable device di kuartal-II 2017, menurut firma riset Strategy Analytics.

Dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya, pengapalan wearable device Xiaomi meningkat sekitar 700 ribu unit, sementara Apple lebih banyak di angka 1 juta unit.

Sebaliknya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (16/8/2017), angka pengapalan wearable device Fitbit turun jauh sebesar 1,7 juta unit.

Dari kategori dan segmentasi produk, terdapat perbedaan antara Apple dan dua pabrikan lain di tiga besar. Apple memgandalkan arloji pintar Watch yang harga jualnya lebih mahal dibanding produk-produk gelang pintar yang dikedepankan Xiaomi dan Fitbit.

Secara keseluruhan, pasaran wearable device global tumbuh sebesar 8 persen year-on-year pada kuaral-II 2017 dengan total angka pengapalan 21,6 juta unit.

Baca: Huawei, Oppo, dan Xiaomi Pepet Samsung

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GSM Arena
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X