Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Smartphone Terpopuler di Dunia Saat Ini

Kompas.com - 18/08/2017, 08:21 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Apa smartphone terpopuler di dunia saat ini? Jawabannya, menurut firma riset pasar Strategy Analytics, adalah duo ponsel andalan Apple, yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Kedua smartphone tersebut mencatat angka pengapalan terbesar sepanjang kuartal II 2017 (April-Juni), berdasarkan data Smartphone Model Tracker terkini dari Stragegy Analytics.

Secara keseluruhan, Apple mengapalkan 16,9 juta unit iPhone 7 dalam periode dimaksud. Pangsa pasarnya di dunia lebih kurang sebesar 4,7 persen.  

Sementara angka shipment saudaranya yang memiliki layar lebih lebar, yakni iPhone 7 Plus, mencapai 15,1 juta unit dengan pangsa pasar 4,2 persen

Baca: Ini Daftar Harga iPhone 7 dari Smartfren Beserta Paketnya

“iPhone 7 tetap menjadi model ponsel terpopuler di dunia karena kombinasi antara desain yang ramah pengguna, banyaknya aplikasi pendukung, dan jaringan ritel yang luas,” sebut analis senior Strategy Analytics, Juha Winter.

Pengapalan lima smartphone terpopuler pada kuartal-II 2017, menurut Strategy Analytics. GSM Arena Pengapalan lima smartphone terpopuler pada kuartal-II 2017, menurut Strategy Analytics.

“Saat ini Apple memiliki dua model di daftar lima smartphone terpopuler di dunia,” lanjut Winter, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Jumat (18/8/2017).

Urutan kedua dan ketiga ditempati Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus yang masing-masing mencatat pengapalan 10,2 juta unit dengan pangsa pasar 2,8 persen dan 9 juta unit dengan pangsa pasar 2,5 persen.

Ponsel terpopuler kelima bukanlah model high-end seperti urutan-urutan di atasnya, melainkan perangkat murah meriah Xiaomi Redmi 4A dengan pengapalan 5,5 juta unit dan market share 1,5 persen.

Perlu ditambahkan bahwa data pengapalan (shipment) belum tentu mewakili angka penjualan yang sebenarnya. Namun, perangkat dari perusahaan macam Apple dan Samsung biasanya habis terserap pasar sehingga angka penjualan tak akan jauh berbeda dari shipment.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com