Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual Rp 9 Juta, Smartphone Buatan Bapak Android Sudah Bisa Dipesan

Kompas.com - 18/08/2017, 11:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Smartphone Essential buatan Bapak Android akhirnya mulai tersedia di pasaran, setelah terlambat sebulan dari jadwal semestinya. Pemesanan perangkat masih terbatas di Amerika Serikat melalui situs resmi Essential, Best Buy, atau Sprint.

Karena masih dalam tahap pemesanan alias pre-order, belum ada orang yang benar-benar menggenggam Essential saat ini. Para pemesan harus menunggu hingga 7 hari pasca pembayaran untuk menikmati langsung ponsel yang ramai diperbincangkan itu.

Essential pertama kali diperkenalkan pada Mei 2017. Kala itu, sang pendiri yang juga merupakan pencipta Android, Andy Rubin, berjanji Essential bakal tersedia di pasaran pada Juni 2017.

Nyatanya, ponsel itu tak jua ada kabarnya. Pihak Essential pun memililh bungkam. Para pemesan awal Essential sempat merasa was-was atas kondisi ini.

Baca: Essential, Smartphone Buatan Bapak Android Resmi Meluncur

Setelah banyak simpang-siur yang berseliweran, Andy Rubin akhirnya muncul ke permukaan dan meminta maaf. Ia tak menjabarkan alasan keterlambatan secara pasti, namun berjanji Essential bakal dirilis di pasaran dalam waktu dekat.

Essential dibekali dengan spesifikasi kelas atas untuk bersaing dengan Apple dan lini flagship Samsung. Ponsel ini memiliki panel berukuran 5,71 inci (2.560 x 1.312 piksel) dan rasio 19:10.

Essential juga memiliki bodi berbahan titanium, perlindungan Gorilla Glass 5 di bagian depan, dan cover belakang berbahan keramik, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (18/8/2017), dari Techcrunch.

Hal paling menonjol adalah desain kamera depan yang berada di bagian tengah atas layar. Kamera itu memiliki ketajaman 8 megapiksel, berdampingan dengan tampilan informasi baterai, sinyal, dan waktu.

Selain itu, otak pemrosesannya berupa chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4 GB, dan memori penyimpanan internal 128 GB. Harga Essential adalah 699 dollar AS atau setara Rp 9,3 juta. Jika ingin bundle dengan kamera 360, harga dilepas 749 dollar AS atau Rp 9,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com