Kompas.com - 18/08/2017, 15:20 WIB
Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017). Paul Marotta / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP Mark Zuckerberg memberikan sambutan dalam upacara wisuda ke-366 Universitas Harvard pada Kamis (25/5/2017).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Sabtu (12/8/2017) pekan lalu, terjadi bentrokan bernuansa kebencian ras antara kelompok neo-Nazi atau nasionalis kulit putih dan para penentangnya di kota Charlottesville, Amerika Serikat.

Insiden yang menewaskan satu orang dan melukai belasan korban lainnya ini memancing kecaman dan komentar dari berbagai pihak.

Belakangan, pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, juga mengutarakan pendapatnya lewat sebuah posting.

“Memalukan sekali bahwa kita masih harus memberitahukan bahwa neo-Nazi dan nasionalis kulit putih itu gerakan yang sesat -seolah-olah masih belum jelas letak kesalahannya,” tulis Mark Zuckerberg.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Jumat (18/8/2017), Mark Zuckerberg turut menyatakan simpati kepada para korban dan berjanji pihaknya akan terus memerangi ujaran kebencian di Facebook.


“Kami memperhatikan situasi dengan seksama dan akan menghapus ancaman berbau kekerasan fisik. Kerja kami mungkin tidak sempurna, tapi Anda mendapatkan komitmen saya,” lanjut dia. “Tak ada tempat untuk kebencian di komunitas kami.”

Kebijakan Facebook memang sudah sejak lama melarang ancaman berbau kekerasan dan ujaran kebencian. Tapi jejaring sosial ini kerap kesulitan mengawasi para penggunanya yang sekarang berjumlah 2 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal lain yang turut disoroti oleh Mark Zuckerberg adalah adanya polarisasi yang semakin memecah masyarakatdi Amerika Serikat.

“Tak ada keseimbangan, nuansa, dan kedalaman yang cukup di diskursus publik kita,” pungkasnya.

Baca: Giliran CEO Intel yang Mundur dari Tim Penasihat Donald Trump

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.