Intel Bocorkan Prosesor Generasi ke-9 “Ice Lake”

Kompas.com - 22/08/2017, 08:51 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Intel melakukan hal yang tak biasa, yakni membocorkan sendiri nama dan teknologi yang akan digunakan untuk membuat prosesor generasi ke-9. Prosesor itu akan disebut sebagai Ice Lake.

Bocoran mengenai prosesor terbaru ini dimuat dalam codename decoder dalam situs resmi Intel sendiri. Di dalamnya disematkan keterangan bahwa prosesor Ice Lake merupakan keluarga terbaru yang dibuat memanfaatkan teknologi FINFET 10 nm+.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (22/8/2017), tak ada keterangan lebih lanjut mengenai prosesor bernama Ice Lake itu. Intel hanya memastikan bahwa prosesor itu benar ada dan menggunakan teknologi pemrosesan baru yang sebenarnya masih misterius.

Selama ini Intel belum pernah meluncurkan satu prosesor pun yang menggunakan teknologi FinFET 10 nm. Sedangkan tanda plus yang disematkan dalam belakang nama teknologi pembuatan Ice Lake, menandai generasi kedua atau setidaknya generasi penerus teknologi terdahulu.

Prosesor pertama Intel yang menggunakan teknologi 10 nm memiliki kode nama Cannon Lake. Meski demikian, raksasa prosesor itu belum mengungkap detil atau meluncurkan Cannon Lake ke publik.

Sementara itu sekarang, Intel diketahui tengah mempersiapkan peluncuran prosesor generasi ke-8 yang disebut sebagai Coffee Lake. Prosesor ini berbeda karena masih dibuat menggunakan teknologi pemrosesan 14 nm.

Langkah Intel membocorkan keberadaan Ice Lake jadi memicu sedikit kebingungan. Pasalnya bila menilik keterangan yang ada, maka Coffee Lake 14 nm dan Cannon Lake 10 nm merupakan prosesor yang paling dekat meluncur.

Namun karena Ice Lake merupakan generasi ke-9, maka posisi Coffee Lake dan Cannon Lake jadi tidak jelas, apakah akan menjadi generasi ke-8 atau ternyata bukan demikian.

Saat ini pengguna hanya bisa menunggu kepastian dari Intel sendiri. Meski telah diumumkan, toh prosesor Ice Lake yang diyakini sebagai generasi masih butuh waktu lama untuk meluncur ke publik. Kemungkinan, baru pada 2019 mendatang prosesor itu akan benar-benar diluncurkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.