Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Bocorkan Prosesor Generasi ke-9 “Ice Lake”

Kompas.com - 22/08/2017, 08:51 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Intel melakukan hal yang tak biasa, yakni membocorkan sendiri nama dan teknologi yang akan digunakan untuk membuat prosesor generasi ke-9. Prosesor itu akan disebut sebagai Ice Lake.

Bocoran mengenai prosesor terbaru ini dimuat dalam codename decoder dalam situs resmi Intel sendiri. Di dalamnya disematkan keterangan bahwa prosesor Ice Lake merupakan keluarga terbaru yang dibuat memanfaatkan teknologi FINFET 10 nm+.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (22/8/2017), tak ada keterangan lebih lanjut mengenai prosesor bernama Ice Lake itu. Intel hanya memastikan bahwa prosesor itu benar ada dan menggunakan teknologi pemrosesan baru yang sebenarnya masih misterius.

Selama ini Intel belum pernah meluncurkan satu prosesor pun yang menggunakan teknologi FinFET 10 nm. Sedangkan tanda plus yang disematkan dalam belakang nama teknologi pembuatan Ice Lake, menandai generasi kedua atau setidaknya generasi penerus teknologi terdahulu.

Prosesor pertama Intel yang menggunakan teknologi 10 nm memiliki kode nama Cannon Lake. Meski demikian, raksasa prosesor itu belum mengungkap detil atau meluncurkan Cannon Lake ke publik.

Sementara itu sekarang, Intel diketahui tengah mempersiapkan peluncuran prosesor generasi ke-8 yang disebut sebagai Coffee Lake. Prosesor ini berbeda karena masih dibuat menggunakan teknologi pemrosesan 14 nm.

Langkah Intel membocorkan keberadaan Ice Lake jadi memicu sedikit kebingungan. Pasalnya bila menilik keterangan yang ada, maka Coffee Lake 14 nm dan Cannon Lake 10 nm merupakan prosesor yang paling dekat meluncur.

Namun karena Ice Lake merupakan generasi ke-9, maka posisi Coffee Lake dan Cannon Lake jadi tidak jelas, apakah akan menjadi generasi ke-8 atau ternyata bukan demikian.

Saat ini pengguna hanya bisa menunggu kepastian dari Intel sendiri. Meski telah diumumkan, toh prosesor Ice Lake yang diyakini sebagai generasi masih butuh waktu lama untuk meluncur ke publik. Kemungkinan, baru pada 2019 mendatang prosesor itu akan benar-benar diluncurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com