Inikah Smartphone Xiaomi Pertama Tanpa MIUI?

Kompas.com - 23/08/2017, 08:09 WIB
Xiaomi Mi 5X XiaomiXiaomi Mi 5X
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Selama ini Xiaomi selalu menyematkan antarmuka MIUI dalam setiap smartphone yang dibuatnya. Namun hal itu tidak akan terjadi pada tipe smartphone Mi 5X baru, yang saat ini sedang dalam proses pengembangan.

Mi 5X sendiri sebenarnya telah diumumkan oleh Xiaomi beberapa waktu lalu. Namun kabarnya perusahaan asal China itu bekerja sama dengan Google untuk mengembangkan smartphone tipe serupa, khusus untuk Android One.

Jika benar demikian, Xiaomi akan segera merilis Mi 5X baru yang sama sekali tidak memiliki antarmuka MIUI 9. Sebagai gantinya, smartphone Xiaomi pertama tanpa MIUI tersebut akan memakai antarmuka Android polos, serupa dengan yang biasa digunakan oleh smartphone Android One.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (23/8/2017), Xiaomi Mi 5X edisi Android One kemungkinan akan diluncurkan pertama kali di Indonesia. Spesifikasinya pun tidak akan serendah tipe Android One terdahulu, karena dibuat berdasarkan Mi 5X edisi orisinal.

Spesifikasi Mi 5X edisi Android One ini kemungkinan berupa berupa chipset Snapdragon 625, RAM 4 GB, penyimpanan internal 32 GB, serta baterai 3.080 mAh. Selain itu ada sebuah kamera ganda 12 megapiksel yang disematkan di cover belakang, dan sebuah kamera 8 megapiksel yang ada di bagian depan.

Baca: Ini Harga dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi 5X

Dengan spesifikasi demikian, ada kemungkinan Xiaomi Mi 5X versi Android One ini bakal dibanderol dengan harga cukup tinggi. Android One terdahulu yang masuk Indonesia, antara lain, Mito Impact, Evercross One X, dan Nexian Journey One dibanderol di kisaran Rp 1 Juta. Sedangkan Xiaomi Mi 5X orisinil dibanderol di kisaran Rp 3 juta.

Informasi lain mengatakan bahwa smartphone Android One itu disebut juga sebagai Xiaomi A1 oleh internal perusahaan. Beberapa hari lalu, Xiaomi juga sempat membocorkan nama smartphone tipe A1 ini di situsnya sendiri.

Meskipun demikian, pengguna tetap harus menunggu kepastian langsung dari Xiaomi atau Google. Pasalnya, hanya kedua perusahaan itu saja yang bisa memastikan nama dan spesifikasi yang bakal disematkan di Android One kali ini.



Sumber GSM Arena
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X