Mengenal Sarahah yang Lagi Viral di Indonesia, Bagaimana Cara Mainnya?

Kompas.com - 23/08/2017, 13:05 WIB
Sarahah SarahahSarahah
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Linimasa media sosial Tanah Air ramai dengan perbincangan soal layanan online Sarahah. Di Instagram Stories, netizen membagikan screenshot profil Sarahah disertai ajakan untuk bergabung. Ada juga yang mematrikan tautan profil Sarahah pada deskripsi profil Instagram.

Tak cuma itu, Sarahah juga menjadi buah bibir di Twitter. Seperti biasa, opini di Twitter kerap mengandung unsur pro dan kontra serta guyonan dan sindiran. Lantas sebenarya apa itu Sarahah?

Mengutip pada kolom "About Us" di situsnya, Sarahah "membantu Anda mengenali kekuatan diri dan area lain yang masih bisa ditingkatkan, dengan menerima tanggapan jujur dari rekan kerja atau teman secara personal".

Orang-orang terdekat biasanya paling mengenal Anda, namun sulit memberikan opini jujur. Padahal ada kalanya Anda butuh kritik dan saran yang membangun.

Ada banyak alasan mengapa orang terdekat enggan blak-blakan, salah satunya takut Anda tersinggung. Sarahah yang dalam Bahasa Arab berarti "tegas" atau "jujur" hadir untuk mengatasi masalah ini.

Anda bisa memberikan opini jujur ke orang-orang terdekat, begitu juga sebaliknya. Tak perlu takut ada yang tersinggung, sebab identitas Anda akan jadi anonim.

Fungsi Sarahah pada dasarnya mirip kotak saran yang kerap terpampang di rumah sakit dan fasilitas umum lainnya. Bedanya, Sarahah lebih menyasar individu ketimbang lembaga atau insitusi.

Pesan Sarahah yang Anda terima dari anonim (yang kemungkinan besar adalah adalah orang terdekat Anda), tak bisa direspons. Anda hanya bisa menerima dan merenungkannya.

Pada dasarnya Sarahah ini berfungsi di kehidupan kerja dan pergaulan sehari-hari. Untuk keperluan kerja, Anda bisa menggali potensi lebih jauh dari pelbagai masukan yang datang.

Untuk pertemanan, Anda bisa mengevaluasi karakter diri dan mengetahui apa yang tak disukai orang lain. Paling penting, Sarahah membiarkan teman dekat Anda berkata sejujurnya meski pahit.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber sarahah
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X