Facebook Ditinggalkan Remaja Lebih Cepat dari yang Dibayangkan

Kompas.com - 24/08/2017, 11:04 WIB
Facebook mengumumkan pembukaan kantor resminya di Indonesia mulai Senin (14/8/2017) KOMPAS.com/Yoga HastyadiFacebook mengumumkan pembukaan kantor resminya di Indonesia mulai Senin (14/8/2017)
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sejak beberapa tahun lalu, Facebook mulai disesaki para orang tua. Tak heran jika remaja merasa kurang nyaman dan beralih ke media sosial yang lebih "muda" seperti Instagram dan Snapchat.

Ramalan soal remaja bakal sepenuhnya meninggalkan Facebook sudah terendus lama. Namun, menurut firma penelitian eMarketer, jangka waktunya lebih cepat dari yang dibayangkan sebelumnya.

eMarketer memprediksi jumlah penguna aktif bulanan Facebook berusia remaja (12 - 17 tahun) di Amerika Serikat bakal merosot 3,4 persen pada 2017. Jika benar, persentase penurunannya lebih signifikan ketimbang 2016 lalu yang cuma 1,2 persen.

Penurunan minat juga dialami pengguna Facebook berusia 18 hingga 24 tahun di Amerika Serikat. Menurut ramalan eMarketer, pertumbuhan pengguna Facebook untuk kelompok usia itu bakal mandek di angka 0,8 persen pada 2017.

Secara keseluruhan pengguna aktif bulanan Facebook meningkat 2,4 persen di Amerika Serikat menjadi 172,9 juta. Angka itu lebih tinggi dari yang diprediksi sebelumnya, menyusul semakin banyak pengguna internet usia tua yang masuk.

"Kami melihat remaja bermigrasi ke Instagram dan Snapchat. Kedua platform itu sukses menarik perhatian karena cara berkomunikasinya cocok dengan remaja masa kini, yakni lewat visual," begitu tertulis pada laporan eMarketer, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (24/8/2017).

Meski demikian ini bukanlah kabar buruk bagi Facebook. Jejaring sosial yang didirikan Mark Zuckerberg itu agaknya sudah lebih dulu mengendus nasibnya bakal berlabuh ke pengguna internet usia tua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karenanya, Facebook mencaplok Instagram sebagai amunisi untuk menjadi ladang anak muda. Dengan begitu Facebook tak benar-benar kehilangan massa berusia muda.

"Facebook beruntung karena memiliki Instagram. Para pengiklan (yang tadinya beriklan di Facebook) masih bisa menyasar pengguna muda lewat Instagram," kata analis eMarketer, Debra Aho Williamson.

eMarketer mengestimasi pengguna aktif Snapchat untuk usia 18 hingga 24 tahun bakal tumbuh signifikan tahun ini, mencapai 19,2 persen. Lantas pengguna aktif Instagram untuk usia 12 hingga 17 tahun digadang-gadang bakal tumbuh 8,8 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber eMarketer
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.