Video: Membedah Kamera Ganda Galaxy Note 8

Kompas.com - 24/08/2017, 19:56 WIB
Kamera ganda di Galaxy Note 8 berada di punggung smartphone, kombinasi lensa wide-tele dengan focal lenght masing-masing Reska K. Nistanto/KOMPAS.comKamera ganda di Galaxy Note 8 berada di punggung smartphone, kombinasi lensa wide-tele dengan focal lenght masing-masing
|
EditorReza Wahyudi

NEW YORK, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Samsung merilis smartphone seri Galaxy dengan fitur dual camera alias kamera ganda. Fitur ini disematkan ke dalam smartphone Galaxy Note 8 yang dilunurkan Rabu (23/8/2017) di New York, AS.

CEO Samsung, DJ Koh di lokasi peluncuran mengatakan bahwa dual camera di Galaxy Note 8 ini adalah yang terbaik di kelasnya dan bisa diandalkan di semua kondisi.

Sesumbar Koh yang mengatakan bahwa kamera Galaxy Note 8 tidak ada duanya saat dirilis memang layak dibenarkan. Pasalnya, konfigurasi dual camera di Galaxy Note 8 ini belum dimiliki oleh smartphone-smartphone lain di dunia, bahkan iPhone 7 Plus sekalipun.

Kamera Galaxy Note 8 memiliki lensa sudut lebar (wide) dan zoom (telephoto).
Lensa wide memiliki resolusi 12 megapiksel dengan focal length 26 mm dan bukaan lensa f/1,7. Sensor untuk kamera wide ini berukuran 1/2,55 inci. Di setup kamera wide ini Samsung juga memberikan sensor dual pixel.

Sensor dengan dual pixel ini diklaim lebih peka terhadap cahaya, sehingga mempercepat penguncian fokus, dan performa di kondisi remang atau minim cahaya lebih mumpuni.

Sementara untuk kamera tele, juga mengusung resolusi 12 megapiksel, memiliki sensor ukuran lebih kecil 1/3,4 inci, diafragma lebih kecil f/2,4, dengan focal length lebih jauh, 52 mm.

Artinya, sistem kamera wide-tele Galaxy Note 8 mengadopsi konfigurasi mirip iPhone 7 Plus, yakni kombinasi wide-tele yang perbedaan focal length keduanya adalah 2x.

Dual camera di Galaxy Note 8Samsung Dual camera di Galaxy Note 8
Setup seperti ini memberikan sensasi ke pengguna bahwa mereka memiliki kamera dengan lensa zoom optik 2x, saat berubah dari mode wide ke telephoto.

Sementara untuk zoom digital, Galaxy Note 8 memiliki tingkat perbesaran digital hingga 10x. Berbeda dengan zoom optik, zoom digital pada dasarnya adalah memotong bidang gambar (crop) lebih kecil untuk kemudian menampilkannya secara lebih besar.

Yang menjadikan Galaxy Note 8 berbeda dari smartphone dual camera lain adalah, kedua lensa Galaxy Note 8 dibekali dengan sistem penstabil optik (optical image stabilizer/OIS) untuk mencegah hasil foto blur saat digenggam.

Banyak juga smartphone lain yang mengemas fitur dual cameranya, seperti iPhone 7. Namun biasanya hanya satu lensa saja yang dipekuat dengan OIS. Untuk diketahui, fitur OIS hanya terdapat di lensa wide iPhone 7 Plus, di lensa telephoto tidak disediakan.

Kamera iPhone 7 Plus sendiri juga memiliki fitur serupa yang disebut Live Focus. bedanya, di iPhone 7 Plus, pengguna tidak bisa mengatur tingkat bokeh (blur), soft focus di bingkai layar smartphone juga tidak ditampilkan saat hendak memotret.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X