Telkomsel Bikin GraPari Virtual di Line, FB Messenger, dan Telegram

Kompas.com - 25/08/2017, 09:48 WIB
(ki-ka) Direktur IT Telkomsel, Montgomery Hong; Direktur Utaman Telkomsel, Ririek Adriansyah; serta Direktur Sales, Sukardi Silalahi Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com(ki-ka) Direktur IT Telkomsel, Montgomery Hong; Direktur Utaman Telkomsel, Ririek Adriansyah; serta Direktur Sales, Sukardi Silalahi
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Telkomsel membuka GraPari Virtual, yakni layanan pelanggan yang diletakkan dalam platform social chat Line, Facebook Messenger, dan Telegram. Layanan tersebut bekerja dengan memadukan kecerdasan buatan (AI) serta interaksi manusia.

Saat menghubungi GraPari Virtual pengguna akan dilayani oleh asisten virtual bernama Veronika. Menariknya, karena menggunakan AI, maka layanan tersebut tersebut bisa diakses oleh pengguna kapan pun dan dari mana pun selama 24 jam.

“Pengguna medsos di Indonesia sangat banyak, bahkan termasuk lima besar di dunia. Karena itu kami merasa perlu menghadirkan layanan melalui jalur digital, yakni dengan menghadirkan GraPari Virtual,” terang Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam peluncuran GraPari Virtual di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

“Layanan virtual ini menggunakan teknologi AI, tapi ada juga manusianya dan pengguna bisa berinteraksi memakai aplikasi messenger. Saat GraPari Virtual ada di Line, Telegram dan Facebook Messenger,” imbuhnya.

Namun tidak semua layanan pelanggan bisa ditangani oleh GraPari Virtual. Menurut Ririek, sementara waktu ini layanan tersebut hanya bisa menangai permintaan informasi lokasi GraPari terdekat, cara upgrade 4G, informasi paket aktif dan berlangganan, tagihan, PIN T-Care, serta PUK. Pembelian pulsa, pembayaran paket, dan redeem poin juga bisa dilakukan melalui layanan ini.

“Kalau pakai ini bisa lebih cepat dan akurat. Sekarang belum bisa menangani komplain, tapi seiring interaksi dengan pengguna maka layanan berbasis AI ini bisa makin pintar. Pengguna juga terasa seperti mendatangi GraPari 24 jam,” pungkasnya.

Pelanggan bisa berinteraksi dengan GraPari Virtual melalui aplikasi pesan instan Line di akun @Telkomsel, Telegram di akun @Telkomsel_official_bot dan Facebook Messenger di akun @Telkomsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.