Stylus S Pen Galaxy Note 8 Lebih Pintar, Bisa Apa Saja?

Kompas.com - 25/08/2017, 10:19 WIB
Galaxy Note 8 beseta stylus S Pen yang ujungnya kini didesain lebih kecil dan tajam. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comGalaxy Note 8 beseta stylus S Pen yang ujungnya kini didesain lebih kecil dan tajam.
|
EditorReza Wahyudi

NEW YORK, KOMPAS.com - Salah satu fitur khas di Galaxy note 8 adalah stylus S Pen. Peranti yang fungsinya mirip seperti pena digital ini menjadi pendamping setia lini Galaxy Note sejak pertama kali dirilis Samsung.

Kini, di generasi terbaru, Galaxy Note 8, Samsung memberikan peningkatan pada perangkat stylus S-Pen, menjadikannya lebih cerdas. Product Marketing Manager Samsung Indonesia, Denny Gallant mengatakan, ujung pena stylus S Pen kini didesain lebih kecil dan lebih tajam.

"Tip (ujung) S Pen di Galaxy Note 8 didesain lebih kecil, seperti ballpoint tajam," kata Denny dalam kesempatan berbincang dengan KompasTekno di sela acara peluncuran di new York, Rabu (23/8/2017).

Dengan ujung pena yang lebih kecil dan tajam, menggambar atau menulis detail yang kecil-kecil diharapkan menjadi lebih mudah dan nyaman.

Selain itu, banyak hal yang kini bisa dilakukan pengguna dengan pena S Pen milik Galaxy Note 8 ini.

Diterangkan Denny, Samsung kini menambah jumlah menu Air Command yang bisa diakses dengan Galaxy Note 8. Air Command adalah menu yang akan muncul di sisi layar manakala S Pen berada di atasnya.

"Jika di Galaxy Note 5 ada enam Air Command, maka di Galaxy Note 8 menjadi 10 menu," kata Denny.

Jenis aplikasi atau menu yang bisa diakses melalui Air Command ini juga bisa dipilih sendiri oleh pengguna.

Hal lain yang bisa dilakukan pengguna dengan S Pen Galaxy Note 8 adalah fitur Live Message. Fitur ini dibuat Samsung agar bisa bekerja dengan semua platform instant messaging (pesan instan).

Dengan Live Message, pengguna bisa membuat gambar atau tulisan dengan S Pen, yang kemudian akan disimpan dalam format gambar animasi GIF. Gambar bergerak durasi 20 detik itu kemudian bisa dikirim ke teman melalui platform aplikasi pesan instan.

"Samsung ingin membuat kegiatan chatting menjadi makin menarik dengan Live Message ini," terang Denny.

Terakhir, pengguna bisa memakan stylus S Pen untuk menerjemahkan kalimat dalam berbagai bahasa. Fitur penerjemah dengan menggunakan S Pen di Galaxy Note 8 kini telah ditingkatkan kemampuannya.

Di versi sebelumnya, pengguna hanya bisa menerjemahkan tulisan kata per kata yang disorot dengan S Pen. Kini, di Galaxy Note 8, pengguna bisa menerjemahkan satu kalimat secara utuh.

Baca: Kesan Pertama Memegang Samsung Galaxy Note 8



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X