Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S9 Bakal Bikin Snapdragon 845 Ludes

Kompas.com - 26/08/2017, 11:58 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Samsung memang masih belum memperlihatkan rencana apapun terkait Galaxy S9. Namun berdasarkan bocoran yang beredar, diprediksi bahwa proses pembuatan smartphone tersebut bakal menguras persediaan chipset Qualcomm Snapdragon 845.

Pada saat pembuatan Galaxy S8, Samsung memutuskan untuk memborong seluruh pasokan awal Snapdragon 835 untuk dipasang seluruh unit yang dijual di Amerika Utara.

Efek pemborongan tersebut membuat LG batal memakai Snapdragon 835, sedangkan HTC, Xiaomi, dan Sony harus menunda perilisan perangkatnya karena menunggu pasokan tambahan.

Sekarang, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (26/8/2017), Samsung disebut bakal mengambil langkah serupa saat pembuatan Galaxy S9 pada 2018 mendatang. Chipset yang bakal diborong adalah Snapdragon 845 yang terbaru.

Sumber juga menyebutkan bahwa saat ini Samsung dan Qualcomm telah sepakat untuk mengelola pasokan chipset yang dibutuhkan dalam produksi Galaxy S9. Jika benar demikian, maka Samsung Galaxy S9 nanti bisa jadi bakal membawa banyak perubahan besar, terutama dalah hal fitur dan kemampuan yang disematkan di dalamnya.

Sementara itu bagi para vendor pesaing Samsung, keberhasilan memborong pasokan Snapdragon 845 bisa berdampak cukup buruk. Misalnya, vendor yang ingin memakai prosesor serupa jadi harus menunda peluncuran karena kehabisan stok chipset tersebut atau bahkan mesti mengganti pilihan chipset demi menepati jadwal peluncuran.

Selain Samsung, LG juga dikabarkan berusaha mengamankan pasokan Snapdragon 845 untuk dipakai di smartphone tipe G7 terbarunya. Bila memang LG G7 memakai chipset serupa Samsung Galaxy S9, maka keberhasilan Samsung mengamankan pasokan chipset terebut bakal berdampak buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com