Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mediatek Resmikan Chip "VoLTE" Helio P23 dan P30

Kompas.com - 29/08/2017, 15:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Awal pekan ini, Mediatek mengumumkan dua chipset mobile baru, Helio P23 dan Helio P30. Keduanya dijadwalkan mulai tersedia pada kuartal IV 2017 dan telah mendapat sertifikasi untuk penggunaan global, namun P30 awalnya hanya akan muncul di China.

Baik Helio P23 maupun P30 merupakan chipset dengan CPU delapan core Cortex-A53 dan pengolah grafis (GPU) Mali-G71 yang berkinerja lebih tinggi dibanding GPU Mali-T880 yang terdapat di Helio P20 dan P25 sebelumnya.

Kedua chip anyar Mediatek tersebut turut dibekali dukungan dual VoLTE (Voice over LTE) yang memungkinkan pengguna ponsel melakukan panggilan suara berkualitas tinggi via jaringan 4G LTE.

Pada Helio P23 dan P30, Mediatek juga menerapkan teknologi pengolah gambar Imagiq 2.0 yang diambil dari chip high-end Helio X30.

Baca: Daftar Ponsel yang Bisa Menelepon VoLTE

Fitur-fitur yang dibawa lewat teknologi ini mencakup auto exposure, noise reduction, dan electronic image stabilization, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (29/8/2017).

Khusus untuk P30, ada dukungan encoding codec High Efficiency Video Coding (HEVC), berikut support untuk kamera 16 megapiksel + 16 megapiksel. Adapun Helio P23 mempertahankan konfigurasi 13 megapiksel + 13 megapiskel seperti Helio P25 sebelumnya.

Mediatek memproduksi Helio P23 dan P30 dengan proses fabrikasi 16 nm di TSMC, sama seperti chip terdahulu. Namun, Mediatek menjanjikan konsumsi daya keduanya bakal lebih hemat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com