YouTube Perbarui Tampilan Desktop dan Mobile, Apa yang Berubah?

Kompas.com - 30/08/2017, 12:05 WIB
YouTube berubah tampilan. YouTubeYouTube berubah tampilan.
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - YouTube memperbarui desain antarmuka untuk versi desktop maupun mobile. Layanan pengepul video itu kini tampak lebih bersih dan segar dengan warna putih yang semakin mendominasi.

“Kami membuat header putih agar konten-konten lebih terlihat. Karena tak ada yang lebih penting ketimbang para kreator dan video mereka,” begitu tertulis pada Google Blog.

Pada versi desktop, YouTube menghadirkan “Dark Theme”, di mana pengguna bisa mengubah tampilan antarmuka YouTube serba hitam. Tampilan ini untuk memberikan nuansa sinematik atau mengistirahatkan mata yang lelah karena terus-terusan melihat cahaya putih.

Sebelumnya, Dark Theme sudah terendus dan bisa diaplikasikan dengan trik tertentu. Kini fitur itu diboyong resmi sehingga aksesnya lebih mudah, cukup dengan menekan foto akun YouTube di sisi kanan atas dan aktifkan Dark Theme.

Baca: YouTube Sekarang Punya Koleksi Video Breaking News

Nah, untuk versi mobile, ada beberapa pembaruan lainnya yang dibubuhkan. Salah satunya, YouTube memindahkan tab navigasi ke sisi bawah agar lebih dekat dengan jempol pengguna.

YouTube juga menambahkan tab library untuk memudahkan pengguna mengakses konten sesuai kategori. Misalnya saja ingin mencari video yang pernah diputar (history), video yang pernah disukai (liked videos), video yang pernah disimpan (watch later), dan video yang diunduh untuk offline (downloads).

Fitur baru aplikasi YouTube

Selain soal desainnya, ada beberapa penambahan fitur yang bakal disematkan pada aplikasi mobile YouTube, sebagai berikut.

Pertama, penambahan gestur. Pada awal tahun ini, YouTube merilis gestur yang memungkinkan pengguna mempercepat atau memperlambat video ke-10 detik dengan double tap ke kanan atau kiri. YouTube sesumbar gestur itu mendapat tanggapan positif.

Selanjutnya, YouTube bakal menambah gestur yang memungkinkan pengguna menyapu (swipe) ke kanan dan kiri untuk langsung melihat video berikutnya dan sebelumnya. Mekanisme ini lebih kurang mirip Snapchat dan Instagram Stories. YouTube menjanjikan gestur ini hadir beberapa bulan ke depan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X