Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto di Album Instagram Kini Tak Harus Kotak

Kompas.com - 30/08/2017, 16:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Awal tahun ini, Instagram memperkenalkan fitur album foto yang memungkinkan pengguna mengunggah banyak foto sekaligus dalam satu posting. Hingga 10 foto atau video bisa dilihat dengan cara digulir mirip slideshow.

Sayangnya, meski banyak, kesemua foto dalam album mesti berbentuk kotak alias square. Foto orientasi landscape (horizontal) atau portrait (vertikal) akan mengalami cropping paksa agar muat dalam bidang kotak.

Tapi kini tidak lagi. Layanan photo sharing tersebut pekan ini mengubah kebijakan album agar bisa menampilkan foto landscape dan portrait tanpa harus mengalami crop.

Namun ada sedikit catatan. Semua foto atau video dalam satu album harus memiliki satu jenis orientasi. Dengan kata lain, pengguna tidak bisa mencampur foto atau video dengan orientasi landscape dan portrait atau square dalam album yang sama.

Baca: Komentar di Instagram Jadi Mirip Facebook, Teratur dan Mudah Diikuti


Dalam sebuah pengumuman yang dirangkum KompasTekno dari Mashable, Rabu (30/8/2017), Instagram beralasan bahwa kesamaan orientasi itu diperlukan supaya pengalaman pengguna dalam melihat album tetap "mulus dan konsisten".

Selain tampilan orientasi, Instagram juga menerapkan sejumlah perubahan lain pada fitur albumnya.

Pengguna kini bisa menyunting tag dalam album setelah posting. Lalu, khusus untuk iOS, album bisa disimpan sebagai draf sebelum di-posting. Fitur yang satu ini dijanjikan akan turut hadir di Android.

Pembaruan-pembaruan album sudah tersedia di aplikasi Instagram versi 12 di Apple App Store dan Google Play Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com