Kompas.com - 30/08/2017, 16:03 WIB
Logo Instagram InstagramLogo Instagram
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Awal tahun ini, Instagram memperkenalkan fitur album foto yang memungkinkan pengguna mengunggah banyak foto sekaligus dalam satu posting. Hingga 10 foto atau video bisa dilihat dengan cara digulir mirip slideshow.

Sayangnya, meski banyak, kesemua foto dalam album mesti berbentuk kotak alias square. Foto orientasi landscape (horizontal) atau portrait (vertikal) akan mengalami cropping paksa agar muat dalam bidang kotak.

Tapi kini tidak lagi. Layanan photo sharing tersebut pekan ini mengubah kebijakan album agar bisa menampilkan foto landscape dan portrait tanpa harus mengalami crop.

Namun ada sedikit catatan. Semua foto atau video dalam satu album harus memiliki satu jenis orientasi. Dengan kata lain, pengguna tidak bisa mencampur foto atau video dengan orientasi landscape dan portrait atau square dalam album yang sama.

Baca: Komentar di Instagram Jadi Mirip Facebook, Teratur dan Mudah Diikuti


Dalam sebuah pengumuman yang dirangkum KompasTekno dari Mashable, Rabu (30/8/2017), Instagram beralasan bahwa kesamaan orientasi itu diperlukan supaya pengalaman pengguna dalam melihat album tetap "mulus dan konsisten".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain tampilan orientasi, Instagram juga menerapkan sejumlah perubahan lain pada fitur albumnya.

Pengguna kini bisa menyunting tag dalam album setelah posting. Lalu, khusus untuk iOS, album bisa disimpan sebagai draf sebelum di-posting. Fitur yang satu ini dijanjikan akan turut hadir di Android.

Pembaruan-pembaruan album sudah tersedia di aplikasi Instagram versi 12 di Apple App Store dan Google Play Store.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.