iPhone 8 dan Galaxy Note 8 Merangsang Penjualan Smartphone

Kompas.com - 30/08/2017, 19:17 WIB
ilustrasi iPhone 8 MacRumorsilustrasi iPhone 8
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Pasaran smartphone belakangan melandai karena turunnya angka permintaan. Pada 2016, pertumbuhan pengapalan smartphone untuk pertama kalinya turun ke angka single-digit, yakni 2,5 persen, dibanding tahun sebelumnya.

Lembaga riset pasar International Data Corporation (IDC) memperkirakan pengapalan smartphone akan tumbuh 3,3 persen pada 2017.

Untuk jangka pendek, prediksi IDC menyebutkan kategori smartphone high-end akan mengalami pertumbuhan signifikan berkat rangsangan perangkat-perangkat baru seperti iPhone 8 dan Galaxy Note 8.

Tepatnya, segmen perangkat "phablet" atau smartphone dengan layar berukuran 5-7 inci disebut akan memberikan rangsangan ke pasar, sehingga kategori ini diprediksi bakal tumbuh lebih dari 34 persen sepanjang 2017, secara keseluruhan dari semua platform.

Baca: Ini 5 Vendor Smartphone dengan Penjualan Tertinggi

"Tawaran phablet premium dari berbagai vendor akan menjadi pendorong utama pertumbuhan," ujar manajer riset IDC Anthony Scarsella dalam rangkuman prediksinya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Rabu (30/8/2017).

Pada akhir 2017, phablet diperkirakan sudah akan menguasai 40 persen pasaran smartphone. Tahun 2021, angka itu bakal naik hingga menjadi 51 persen seiring dengan meningkatnya minat konsumen terhadap gadget dengan layar lebar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain mendongkrak penjualan, efek lain dari kedatangan perangkat-perangkat "ultra premium" macam iPhone 8, Galaxy Note 8, V30, dan Essential Phone, lanjut IDC, adalah harga jual rata-rata smartphone yang ikut naik sebesar 9 persen..

Dari segi jenis platform, seperti sebelumnya, Android diperkirakan akan menguasai pasar dengan pangsa pasar lebih dari 85 persen sepanjang 2017, sementara iOS menyusul dengan kisaran 14 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ZDNet
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.