Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 8 dan Galaxy Note 8 Merangsang Penjualan Smartphone

Kompas.com - 30/08/2017, 19:17 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Pasaran smartphone belakangan melandai karena turunnya angka permintaan. Pada 2016, pertumbuhan pengapalan smartphone untuk pertama kalinya turun ke angka single-digit, yakni 2,5 persen, dibanding tahun sebelumnya.

Lembaga riset pasar International Data Corporation (IDC) memperkirakan pengapalan smartphone akan tumbuh 3,3 persen pada 2017.

Untuk jangka pendek, prediksi IDC menyebutkan kategori smartphone high-end akan mengalami pertumbuhan signifikan berkat rangsangan perangkat-perangkat baru seperti iPhone 8 dan Galaxy Note 8.

Tepatnya, segmen perangkat "phablet" atau smartphone dengan layar berukuran 5-7 inci disebut akan memberikan rangsangan ke pasar, sehingga kategori ini diprediksi bakal tumbuh lebih dari 34 persen sepanjang 2017, secara keseluruhan dari semua platform.

Baca: Ini 5 Vendor Smartphone dengan Penjualan Tertinggi

"Tawaran phablet premium dari berbagai vendor akan menjadi pendorong utama pertumbuhan," ujar manajer riset IDC Anthony Scarsella dalam rangkuman prediksinya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZD Net, Rabu (30/8/2017).

Pada akhir 2017, phablet diperkirakan sudah akan menguasai 40 persen pasaran smartphone. Tahun 2021, angka itu bakal naik hingga menjadi 51 persen seiring dengan meningkatnya minat konsumen terhadap gadget dengan layar lebar.

Selain mendongkrak penjualan, efek lain dari kedatangan perangkat-perangkat "ultra premium" macam iPhone 8, Galaxy Note 8, V30, dan Essential Phone, lanjut IDC, adalah harga jual rata-rata smartphone yang ikut naik sebesar 9 persen..

Dari segi jenis platform, seperti sebelumnya, Android diperkirakan akan menguasai pasar dengan pangsa pasar lebih dari 85 persen sepanjang 2017, sementara iOS menyusul dengan kisaran 14 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com